sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Klon digital dan Vocaloid bakal populer di Jepang

Klon digital dapat digunakan, misalnya, oleh perekrut untuk melakukan wawancara kerja pendahuluan.

Hermansah
Hermansah Rabu, 23 Agst 2023 09:11 WIB
Klon digital dan Vocaloid bakal populer di Jepang

Kazutaka Yonekura memimpikan sebuah dunia di mana setiap orang akan memiliki “klon” digital mereka sendiri-sebuah avatar online yang dapat menangani beberapa pekerjaan dan tugas sehari-hari kita, seperti muncul dalam rapat Zoom di tempat kita.

Chief Executive dari Tokyo startup Alt Inc. Yonekura, percaya hal itu bisa membuat hidup kita lebih mudah dan lebih efisien.

Perusahaannya sedang mengembangkan kembaran digital, berupa gambar animasi yang terlihat dan berbicara seperti pemiliknya. Klon digital dapat digunakan, misalnya, oleh perekrut untuk melakukan wawancara kerja pendahuluan, atau oleh dokter untuk menyaring pasien sebelum pemeriksaan.

“Ini membebaskan Anda dari semua (tugas) rutin yang harus Anda lakukan besok, lusa, dan hari berikutnya,” katanya kepada The Associated Press sambil memamerkan kembarannya-gambar video thumbnail Yonekura di layar komputer, dengan versi suaranya yang disintesis.

Ketika tiruan digitalnya ditanya "jenis musik apa yang kamu suka", klone itu berhenti selama beberapa detik. Lalu masuk ke penjelasan panjang lebar tentang kesukaan Yonekura pada musik ritmis energik seperti hip-hop atau rock 'n' roll.

Mungkin agak mekanis, tetapi setiap kesalahan sosial telah diprogram.

Yonekura, 46, berpendapat bahwa teknologinya lebih personal daripada Siri, ChatGPT, atau Google AI. Yang terpenting, itu milik Anda dan bukan perusahaan teknologi yang membuatnya.

Untuk saat ini, memiliki digital double itu mahal. Setiap tiruan Alt berharga sekitar 20 juta yen (US$140.000), jadi kemungkinan akan memakan waktu lama sebelum ada tiruan untuk semua orang.

Sponsored

Dalam membuat kembaran digital, informasi tentang seseorang diambil dari situs media sosial dan catatan yang tersedia untuk umum dalam upaya pengumpulan data besar-besaran, dan disimpan dalam perangkat lunak. Data terus diperbarui, selaras dengan perubahan kebiasaan dan selera pemilik.

Yonekura percaya klon digital dapat membuka jalan bagi masyarakat di mana orang dapat fokus untuk menjadi kreatif dan membuang lebih sedikit waktu untuk interaksi yang membosankan.

Bagi banyak orang Jepang-negara yang memberi dunia Pokemon, karaoke, Hello Kitty, dan emoji-klon digital relatif lebih ramah seperti karakter animasi.

Tetapi Yonekura mengakui budaya berbeda dan bahwa orang Barat mungkin tidak terlalu menyukai ide klon digital.

“Saya tidak dapat memberi tahu Anda berapa kali saya ditanya: Mengapa harus klon pribadi, dan bukan hanya agen digital?” katanya, ada nada jengkel dalam suaranya.

Perusahaan Yonekura telah menarik sebagian besar investasi domestik lebih dari 6 miliar yen (US$40 juta), termasuk dana modal ventura yang dijalankan oleh bank-bank besar Jepang. Sementara di sisi lain juga membangun hubungan kolaboratif dengan akademisi, termasuk University of Southern California dan University of Tokyo.

Tetapi produksi ganda digital skala besar masih jauh-untuk saat ini, perusahaan menawarkan perangkat lunak pengenalan suara dan teknologi asisten virtual yang lebih terjangkau.

Matt Alt, yang ikut mendirikan AltJapan Co., sebuah perusahaan yang memproduksi versi bahasa Inggris dari video game populer Jepang dan yang telah menulis buku tentang Jepang, termasuk “Pure Invention: How Japan Made the Modern World,” menerangkan, kata ide kloning digital lebih masuk akal secara budaya di Jepang.

Ninja, pejuang penyamaran feodal Jepang yang terkenal, dikenal dengan teknik "bunshin-jutsu" untuk menciptakan ilusi ganda atau penolong dalam pertempuran untuk membingungkan lawan. Ide bunshin-jutsu telah diadopsi dan umum di video game Jepang modern, buku komik manga, dan novel grafis.

“Siapa yang tidak menginginkan bantuan dari seseorang yang sangat memahami mereka?” Alt mengatakan. Namun menambahkan bahwa di Barat, gagasan adanya kembaran “lebih menakutkan.”

“Ada 'Invasi Penjambret Tubuh' misalnya, atau bahkan sapu yang berkembang biak seperti virus di 'Fantasia' Disney,” katanya.

INCS toenter Co., startup lain yang berbasis di Tokyo, telah sukses sebagai perusahaan produksi musik terkomputerisasi untuk animasi, manga, film, realitas virtual, dan permainan yang menggunakan apa yang disebut seniman Vocaloid. Penyanyi atau artis musik yang disintesis yang dikenal sebagai Vocaloid sering kali dipasangkan dengan karakter bergaya anime atau manga.

Seperti tiruan digital Yonekura, Vocaloid adalah contoh teknologi Jepang yang menggunakan perangkat lunak komputer untuk menduplikasi sifat atau kemiripan manusia.

Di antara hits INCS yang ikut serta adalah “Melt,” yang dibuat di satu desktop pada 2007 dan dibawakan oleh grup bernama Supercell, yang telah diputar 23 juta kali di YouTube.

Hit terbarunya adalah “Kawaikute gomen,” yang berarti “Maaf karena terlalu lucu,” oleh HoneyWorks, sebuah unit vocaloid. Lainnya adalah Eve, yang membawakan lagu tema serial animasi megahit “Jujutsu Kaisen”, dan memiliki 4,6 juta pelanggan di saluran YouTube-nya.

Beberapa bertanya-tanya apakah klon digital atau Vocaloid bisa menjadi populer di luar Jepang. Asisten digital dan perangkat lunak suara, serta musik terkomputerisasi ada di Barat, tetapi itu bukan klon atau Vocaloid.

Yu Tamura, kepala eksekutif dan pendiri INCS toenter, mengatakan, bahwa dia terdorong oleh meningkatnya popularitas global animasi dan manga Jepang, tetapi satu hal yang harus diwaspadai adalah “sindrom Galapagos.”

Istilah ini, mengacu pada pulau-pulau terpencil di Pasifik tempat hewan berevolusi dengan cara yang unik, digunakan secara luas di Jepang untuk menggambarkan bagaimana beberapa produk Jepang, meskipun sukses di dalam negeri, namun gagal diterapkan di luar negeri.

Konsumen luar negeri bisa melihatnya sebagai sesuatu yang unik atau terlalu imut, kecuali untuk Japanophiles, kata Tamura.

“Mereka tidak akan mendapatkannya,” katanya.

Sumber : Associated Press

Berita Lainnya
×
tekid