sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Milenial perlu atur keuangan di tengah pandemi 

Saat melakukan financial planning yang harus diperhatikan adalah mengatur posisi keuangan saat ini.

Ghalda Anisah
Ghalda Anisah Jumat, 27 Nov 2020 18:47 WIB
Milenial perlu atur keuangan di tengah pandemi 
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 882.418
Dirawat 138.238
Meninggal 25.484
Sembuh 718.696

Dalam mempersiapkan masa depan yang cerdas, perlu mempersiapkan keuangan dengan baik dengan cara cerdas dalam mengatur finansial sedini mungkin, terutama pada saat pandemik saat ini, perlu sekali untuk mengatur keuangan, hal ini juga berlaku untuk generasi milenial. 

Direktur Literasi dan Edukasi Keuangan OJK Horas VM Tarihoran mengatakan, pengetahuan, keterampilan, dan keyakinan yang memengaruhi sikap dan perilaku untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan dan pengelolaan keuangan dalam rangka mencapai kesejahteraan, untuk itu diperlukanlah literasi dalam mengatur keuangan.

“Kecerdasan keuangan kita sudah mencapai 38,03% pada 2019, lebih baik dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Artinya jika ada 100 orang di sini, ada 38 orang yang sudah paham betul dengan persoalan industri keuangan. Bukan hanya bank tetapi juga tahu mengenai pasar modal dan finansial lainnya,” kata Trihoran pada Jumat (27/11/2020) dalam acara webinar mengenai Dana Darurat Untuk Millenial di Tengah Pandemi Covid-19. 

Tetapi di sisi lain, Horas mengatakan ada kabar gembira juga dimana tingkat industri keuangan juga sangat tinggi sebesar 76,19%. Di mana, ketersediaan akses pada berbagai lembaga, produk, dan layanan jasa keuangan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan. 

“Namun yang membuat saya sedih, dari 76 orang tersebut ada orang yang mempunyai rekening bank dan lain sebagainya, namun dia sulit dan tidak mengerti bagaimana cara memanfaatkan hal tersebut,” tuturnya. 

Horas menambahkan untuk itu perlu meningkatkan kecerdasan finansial dari mahasiswa dan generasi milenial. Sehingga ke depannya idealnya, seseorang yang mempunyai produk keuangan dan orang yang melek akan produk keuangan sama, dan mengurangi tingkat korban antara seseorang yang hanya mempunyai produk keuangan dengan seseorang yg melek akan produk keuangan. 

Dalam kesempatan yang sama Financial Planner Finansialku.com Widya Yuliarti menambahkan mengenai cara mengatur keuangan untuk mahasiswa dan anak-anak di generasi milenial. Ia menjelaskan mengenai mengatur uang dengan cara financial planning, dengan tahapan pertama, yaitu financial check up

“Saat melakukan financial planning yang harus diperhatikan adalah mengatur posisi keuangan saat ini. Kemudian mengetahui masalah keuangan yang harus diperbaiki di bagian mananya dan harus tahu apa yg harus dilakukan pertama kali. Serta tidak menebak-nebak keuangan sendiri,” jelasnya. 

Sponsored
Berita Lainnya