sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Onward: Petualangan sihir sarat nilai kekeluargaan

Film ini mengambil latar dunia fantasi yang dipenuhi makhluk-makhluk imajiner.

Valerie Dante
Valerie Dante Sabtu, 07 Mar 2020 21:23 WIB
<i>Onward</i>: Petualangan sihir sarat nilai kekeluargaan
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 2092
Dirawat 1751
Meninggal 191
Sembuh 150

Onward mengambil latar dunia fantasi yang dipenuhi makhluk-makhluk imajiner. Seperti unicorn, troll, peri, centaur, putri duyung, dan elf.

Pada zaman dahulu, dunia itu dipenuhi sihir yang kian lama semakin memudar. Akibat tergerus modernisasi teknologi.

Film ini digarap Disney dan studio animasi Pixar. Bercerita tentang petualangan Ian Lightfood (Tom Holland) dan kakaknya, Barley (Chris Pratt), untuk bisa bertemu mendiang ayahnya–wafat saat keduanya balita.

Kisah dimulai setelah Ian mendapat hadiah ulang tahun berupa tongkat sihir dengan mantra menghidupkan kembali ayahnya. Selama sehari penuh.

Tongkat sihir pun dilengkapi batu ajaib. Phoenix Stone. Tanpa berpikir panjang, kakak-beradik itu segera merapal mantra.

Nahas. Semuanya tak berjalan mulus. Ian dan Barley gagal menghidupkan ayahnya secara utuh.

Pheonix Stone yang digunakan pecah saat baru mengembalikan bagian pinggang ke bawah. Tanpa badan dan kepala.

Keduanya panik. Ian dan Barley mencoba merapal mantra lagi. Namun, usahanya sia-sia tanpa Phoenix Stone.

Sponsored

Mereka kemudian bertekad menemukan Phoenix Stone baru dan menghidupkan sang ayah secara utuh. Sebelum kekuatan mantra pudar pada malam berikutnya.

Poster film Onward. Twitter/@pixaronward

Onward adalah salah satu genre film yang belum disentuh Pixar: Coming of age. Di mana karakter utama melewati perjalanan menemukan jati dirinya. Inilah yang terjadi dengan Ian. Bocah 16 tahun yang tumbuh tanpa ayah.

Seiring berjalannya film, Ian yang mulanya takpercaya diri dan penakut menjadi semakin berani. Dia sadar, memiliki bakat sebagai penyihir andal.

Dirinya pun kian lebih dekat dengan Barley, yang sifatnya bertolak belakang dengannya. Ini sesuai deskripsi sang ibu, "Anak bungsu saya, takut akan segala hal. Sedangkan yang sulung, tidak takut apa pun."

Semakin banyak rintangan yang mereka lewati bersama, Ian dan Barley kian dekat dan menghargai satu sama lain. Berbekal motivasi bertemu sang ayah, kakak-beradik itu menaklukkan segala tantangan.

Onward adalah film animasi yang mengharukan tanpa berusaha terlalu keras. Berbalut komedi, sinema ini menyampaikan pesan moral menyentuh mengenai keluarga: Menghargai apa yang ada di depan mata.

Itulah pelajaran berharga yang dipetik Ian. Meski selama ini hidup tanpa ayah, dia akhirnya sadar, Barley merupakan sosok yang selalu ada di sampingnya. Berusaha mengisi kekurangan yang dirasakannya.

Sayangnya, Onward masih terlalu ringan dan kurang meninggalkan kesan mendalam. Dibandingkan film garapan Pixar lainnya. Macam Inside Out (2015) atau Coco (2017). 

Kehadiran Holland dan Pratt, menjadi daya tarik tersendiri bagi film ini. Keduanya pernah beradu akting di sejumlah film Marvel. Kini, mereka menunjukkan kebolehan melalui voice acting.

Sementara sang sutradara, Dan Scanlon, memiliki pengalaman dengan film animasi serupa. Seperti Cars (2006) dan Monsters University (2013).

Yang membuat Onward spesial, terinpirasi kisah nyata Scanlon. Lantaran tak pernah bertemu ayahnya sejak kecil.

 

 

starstarstarstarstar4

"Fantasi berbalut komedi yang menyampaikan pesan moral penting mengenai keluarga."

 

Sanksi bagi kaum Covidiot

Sanksi bagi kaum Covidiot

Sabtu, 04 Apr 2020 13:20 WIB
Kalut Covid-19 di tangan Luhut

Kalut Covid-19 di tangan Luhut

Jumat, 03 Apr 2020 13:12 WIB
Berita Lainnya