sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

ORI018 solusi untuk menjaga nilai aset investasi

ORI018 merupakan instrumen investasi khusus untuk WNI yang menawarkan imbal hasil tetap (fixed rate) dengan kupon 5,7%.

Hermansah
Hermansah Jumat, 02 Okt 2020 10:06 WIB
ORI018 solusi untuk menjaga nilai aset investasi
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 406.945
Dirawat 58.868
Meninggal 13.782
Sembuh 334.295

Mandiri Sekuritas mendorong peran aktif para investor lokal dalam upaya pemulihan ekonomi nasional (PEN) melalui investasi pada instrumen Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI018. Produk Surat Berharga Negara (SBN) ini dapat menjadi solusi untuk menjaga nilai aset investasi dan memberikan nilai imbal hasil menarik.

ORI018 adalah instrumen investasi khusus untuk warga negara Indonesia (WNI) yang menawarkan imbal hasil tetap (fixed rate) dengan kupon 5,7% per tahun. Nilai kupon tersebut berada di atas suku bunga acuan Bank Indonesia yang saat ini ditetapkan sebesar 4%.

Selanjutnya, investor akan menerima kupon yang dibayarkan pada tanggal 15 setiap bulan terhitung mulai 15 Desember 2020. Obligasi kelima yang diterbitkan oleh pemerintah di 2020 ini memiliki tenor selama tiga tahun dengan tanggal jatuh tempo 15 Oktober 2023.

Seluruh dana yang diperoleh dari hasil penerbitan ORI018 akan dimanfaatkan untuk pembiayaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020, termasuk pembiayaan dalam rangka upaya penanganan dan pemulihan dampak pandemi Covid-19.

Sebagai informasi, pemerintah telah menyiapkan dana PEN dengan total pagu sebesar Rp695,4 triliun untuk enam sasaran, antara lain, perlindungan sosial, insentif usaha, UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah), kesehatan, sektoral kementerian/lembaga, serta korporasi.

Direktur Mandiri Sekuritas Theodora VN Manik mengatakan, PEN adalah upaya pemerintah untuk mengatasi dampak pandemi di Indonesia.

"Karena itu, penerbitan ORI018 membuka kesempatan kepada para investor lokal untuk menjadi bagian dalam pemenuhan sumber pendanaan PEN dengan berinvestasi mulai dari Rp1 juta sampai dengan Rp3 miliar,” jelas dia dalam keterangan tertulis, Jumat (2/10).

Theodora menambahkan, ORI018 dapat menjadi solusi bagi para investor yang menginginkan fleksibilitas pada asetnya karena instrumen ini dapat diperdagangkan di pasar sekunder mulai 15 Desember 2020. Nilai investasi yang terjangkau juga dapat menjadi pertimbangan bagi para investor yang ingin melakukan diversifikasi investasi pada aset yang menghasilkan pendapatan tetap.

Sponsored

“ORI018 dapat menjadi pilihan investasi yang aman karena pokok dan bunga dijamin 100% oleh pemerintah, dapat menjaga nilai aset, serta memberikan kesempatan untuk berkontribusi kepada negara,” tutup Theodora.

ORI018 mulai ditawarkan sejak 1 Oktober-21 Oktober 2020. Mandiri Sekuritas telah dipercaya pemerintah sebagai mitra distribusi produk-produk Surat Berharga Negara (SBN). Dengan menjadi mitra distribusi SBN, Mandiri Sekuritas kini memiliki layanan investasi pasar modal yang komprehensif, sehingga memudahkan para nasabah untuk melakukan diversifikasi dalam mengelola aset investasinya. Mandiri Sekuritas terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Berita Lainnya