sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Penyakit pascalebaran ini harus diwaspadai

Jangan sampai kalap memakan apapun makanan lebaran yang dipersiapkan di rumah.

Indah Nawang Wulan
Indah Nawang Wulan Selasa, 04 Mei 2021 13:59 WIB
Penyakit pascalebaran ini harus diwaspadai

Pastinya kita sudah berantai-andai saat lebaran nanti mau makan apa saja. Terutama para ibu yang sudah menyiapkan menu khas lebaran untuk keluarga di rumah.

Namun perlu diperhatikan makanan apa saja yang kita konsumsi nanti, demi menjaga kesahatan. Jangan sampai kalap memakan apapun makanan lebaran yang dipersiapkan di rumah, sebab berpotensi menimbulkan penyakit. 

Makanya, kita harus hati-hati nih. Berikut penyakit yang timbul pascalebaran yang biasa terjadi akibat kalap makan makanan lebaran dari berbagai sumber:

- Kolesterol naik
Ayam goreng, sayur lebaran, opor, rendang, dan lainnya, bisa menjadi penyebab kolesterol seseorang naik. Hindari atau konsumsi dengan porsi secukupnya saja yah. Jangan berlebihan.

Bagi kamu yang udah punya kolestrol dan bandel masih ingin icip-icip, ayo pikirkan, nanti aktivitasmu bisa terganggu. So, batasi jumlah makanan goreng-gorengan maupun yang bersantan lainnya.

- Flu dan batuk
“Penyakit bulanan” ini umum terjadi pascalebaran. Apalagi biasanya kita suka berlebihan mengonsumsinya.

Makanya upayakan untuk tetap mempergunakan masker saat bersilaturahmi pada saat lebaran. Kegiatan di luar ruangan juga rentan menyebabkan virus masuk ke tubuh kita. Makanya, tetap gunakan masker dan 5M lainnya ya saat ini!

- Mag
Salah satu gangguan pencernaan menjadi “PR” semua orang, karena biasanya tiba-tiba muncul tanpa kita sadari. Padahal penyakit ini bisa disebabkan dari kelalaian memilih dan menjaga makanan maupun minuman yang dikonsumsi.

Sponsored

Makanan pedas, asam, dan makana yang mengandung gas ini menjadi faktor timbulnya mag. Untuk itu, beri jeda dan perhatikan makanan yang dikonsumsi nanti ya!

- Radang tenggorokan
Indonesia kaya akan makanan dengan bumbu yang kuat. Nah, kita harus memperhatikan apa saja nih yang dikonsumsi nanti. Jangan berlebihan dan jangan kalap. Gejala radang tenggorokan ini bisa menimbulkan kanker tenggorokan. Jadi, hati-hati ya!

- Penyakit kambuhan
Berbagai  macam penyakit gangguan biasanya muncul setelah kita berpuasa. Mulai dari pola makan hingga pola tidur. Sebisa mungkin saat berpuasa dan menjelang lebaran, tetap jaga agar pola tidur dapat teratur serta asupan makan yang bergizi.
 

Berita Lainnya