sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Ridwan Kamil nasihati Baim Wong yang ingin kuasai merek Citayam Fashion Week

Ridwan Kamil lebih tegas lagi meminta Baim Wong mencabut pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) 'Citayam Fashion Week'.

Fitra Iskandar Gempita Surya
Fitra Iskandar | Gempita Surya Senin, 25 Jul 2022 13:43 WIB
Ridwan Kamil nasihati Baim Wong yang ingin kuasai merek Citayam Fashion Week

Pengajuan pendaftaran hak cipta merek Citayam Fashion Week oleh artis Baim Wong melalui perusahaanya PT Tiger Wong Entartainment menjadi polemik di masyarakat. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sampai ikut berkomentar. 

Ridwan Kamil yang pernah menjajal cat walk di zebra cross Dukuh Atas, yang menjadi spot komunitas Citayam Fashion Week, menasihati Baim Wong melalui unggahannya di Instagram pribadinya, Senin (25/7).

Secara umum, Ridwan Kamil yang memiliki pengikut Istagram 18.5 juta, meminta pihak di luar komunitas remaja -- yang biasa berkumpul di sekitaran kawasan Stadiun Dukuh Atas, Jakarta itu -- untuk tidak perlu mengatur-atur mereka, karena akan mengasingkan fenomena Citayam Fashion Week itu dari akarnya.

Dia bahkan lebih tegas lagi meminta Baim Wong mencabut pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI) 'Citayam Fashion Week'.

"Anda dan istri sudah hebat punya kerja-kerja luar biasa. Lanjutkan. Tapi bukan untuk inisiatif yang ini," kata Ridwan Kamil di ujung postingannya di Instagram. 

Berikut komentar lengkap Ridwan Kamil kepada Baim Wong.

Dear Baim Wong dkk.

Nasehat saya, tidak semua urusan di dunia ini harus selalu dilihat dari sisi komersial. Fenomena #CitayamFashionWeek itu adalah gerakan organik akar rumput yang tumbuhkembangnya harus natural dan organik pula.

Sponsored

Sekalinya diformalkan dan dimewahkan, apalagi oleh orang luar, malah akan hilang tujuan dan maksudnya. Dan biasanya gerakannya malah akan mati muda.

Biarkan ini jadi cerita, bahwa fashion jalanan tetap adanya di jalanan. Bukan di sarinah, bukan di podcast, bukan pula harus menginternasional.

Biarkan tetap Slebew bukan Haute Couture.

Ada kalanya mereka hanya butuh ruang ekspresi. Dan tidak perlu negara turut campur terlalu jauh. Tidak perlu pula individu2 di luar komunitasnya ikut-ikutan mengatur-ngatur.

Jikapun ingin diorganisasikan lebih baik, biarlah mereka sendiri yang mengurusnya melalui komunitasnya. Oleh mereka bukan anda.

Anda dan istri sudah hebat punya kerja2 luar biasa. Lanjutkan. Tapi bukan untuk inisiatif yang ini.

Saran saya, pendaftaran HAKI ke Kemenkumham dicabut saja. Terima kasih jika bisa memahaminya.

Hatur Nuhun.

DJKI Kemenkumham soal pendaftaran merek Citayam Fashion Week 

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) memberikan konfirmasi soal pendaftaran merek terhadap Citayam Fashion Week. Koordinator Pemeriksa Merek DJKI, Agung Indriyanto membenarkan bahwa ada dua pihak yang mengajukan pendaftaran.

"Benar bahwa DJKI telah menerima dua permohonan pendaftaran merek Citayam Fashion Week. Keduanya mendaftar di kelas 41 dan saat ini statusnya sedang untuk dipublikasi,” kata Agung seperti dikutip dari keterangan tertulis, Senin (25/7).

Agung mengatakan, pendaftaran dilakukan oleh PT. Tiger Wong Entertainment dan INDIGO ADITYA NUGROHO. Keduanya melakukan pendaftaran dengan detail pengajuan yang berbeda.

Agung mengungkapkan, PT. Tiger Wong mendaftarkan untuk jenis jasa hiburan dalam sifat peragaan busana, layanan hiburan yakni menyediakan podcast di bidang mode, hingga publikasi majalah mode untuk tujuan hiburan.

Sementara, INDIGO ADITYA NUGROHO mendaftarkan untuk jasa ajang pemilihan kontes (hiburan), expo mengenai kesenian, kebudayaan, dan pendidikan, fashion show (hiburan), perencanaan pesta (hiburan) untuk acara promosi sehubungan dengan peragaan busana, dan pertunjukan panggung live.

"DJKI menerima kedua permohonan pendaftaran tersebut pada 21 Juli 2022," ujar Agung.

Sengkarut zonasi di atas tanah LSD

Sengkarut zonasi di atas tanah LSD

Sabtu, 06 Agst 2022 17:13 WIB
Berita Lainnya
×
tekid