sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Roti Baguette Prancis masuk ke dalam daftar Warisan Budaya Dunia

Baguette, roti yang lembut dan memanjang dengan kerak yang renyah, adalah simbol Prancis di seluruh dunia.

Alfaridzi Putra Dwi
Alfaridzi Putra Dwi Kamis, 01 Des 2022 08:13 WIB
Roti Baguette Prancis masuk ke dalam daftar Warisan Budaya Dunia

Badan warisan PBB yang bermarkas di Paris, UNESCO pada hari Rabu (30/11) memilih untuk memasukkan "pengetahuan artisanal dan budaya roti baguette" ke dalam daftar Warisan Budaya Takbenda, yang sudah mencakup sekitar 600 tradisi dari lebih dari 130 negara.

"Ini merayakan cara hidup Prancis: baguette adalah ritual harian, elemen penataan makanan, identik dengan berbagi dan keramahtamahan," kata kepala UNESCO Audrey Azoulay.

"Penting agar keterampilan dan kebiasaan sosial ini terus ada di masa depan." tambahnya.

Baguette, roti yang lembut dan memanjang dengan kerak yang renyah, adalah simbol Prancis di seluruh dunia dan telah menjadi bagian utama dari makanan Prancis setidaknya selama 100 tahun, meskipun beberapa orang percaya itu sudah ada lebih lama.

Salah satu legenda mengatakan bahwa pembuat roti Napoleon Bonaparte menemukan bentuk memanjang untuk memudahkan pasukannya membawa, sementara yang lain berpendapat bahwa sebenarnya pembuat roti Austria bernama August Zang yang menemukan baguette.

Saat ini baguette - yang berarti "tongkat" - masing-masing dijual sekitar 1 euro (Rp 16.309).

Meskipun konsumsi baguette telah menurun selama beberapa dekade terakhir, Prancis masih menghasilkan sekitar 16 juta roti per hari - hampir 6 miliar baguette setahun - menurut perkiraan Fidusia 2019.

Dibuat hanya dengan tepung, air, garam dan ragi, adonan baguette harus didiamkan selama 15 hingga 20 jam pada suhu antara 4 dan 6 derajat Celcius (39 hingga 43 derajat Fahrenheit), menurut Konfederasi Pembuat Roti Prancis, yang berjuang untuk melindungi pasarnya dari toko roti industri.

Sponsored

Tetapi jika bahannya selalu sama, setiap toko roti memiliki gaya halusnya sendiri, dan setiap tahun ada kompetisi nasional untuk menemukan baguette terbaik di negeri ini.

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Minggu, 05 Feb 2023 06:18 WIB
Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Sabtu, 04 Feb 2023 06:12 WIB
Berita Lainnya
×
tekid