logo alinea.id logo alinea.id

Tangis BCL dan Reza Rahadian lepas BJ Habibie

Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari (BCL) adalah pemeran BJ Habibie dan Ainun Habibie dalam film.

Sukirno
Sukirno Kamis, 12 Sep 2019 20:30 WIB
Tangis BCL dan Reza Rahadian lepas BJ Habibie

Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari (BCL) adalah pemeran BJ Habibie dan Ainun Habibie dalam film.

Aktor Reza Rahadian mengantar almarhum Presiden ke-3 RI BJ Habibie ke peristirahatan terakhir di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9).

“Hanya selamat jalan dan terima kasih buat eyang, buat semua jasa-jasanya, dan selamat bertemu kembali dengan eyang putri,” ujar Reza.

Reza hadir mengenakan kemeja batik lengan panjang dan celana hitam. Sebelumnya, Reza juga langsung ke rumah duka pada Rabu (11/9) malam. 

Tangis Reza tak dapat dibendung saat mengunjungi rumah duka di kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan. “Suasana di dalam sangat mengharukan, tertib, khidmat sekali. Ini pertama kali saya ada di sini, dan saya merasa kehilangan,” kata Reza.

Selain Reza, sutradara Hanung Bramantyo juga hadir dalam upacara pemakaman tersebut. Hanung melihat Habibie sebagai sosok yang jenius, bukan hanya soal kebangsaannya.

“Bukan berarti dia hanya menemukan sesuatu. Tetapi, sosok yang jenius dalam hal perikemanusiaan dan dalam hal menghargai karya anak muda,” ujar Hanung.

“Dan, dia membebaskan kami, menyerahkan kami semuanya untuk membuat film sesuai dengan apa yang kami bisa,” kata Hanung.

Sponsored

Senada, aktris Bunga Citra Lestari (BCL) tidak kuasa menahan air mata usai menghadiri pemakaman Presiden ke-3 RI BJ Habibie di TMP Kalibata Jakarta Selatan.

Bagi BCL, Habibie sudah seperti kakek dia sendiri. “Aku kehilangan eyang aku,” ujar BCL yang ditemani oleh sang suami, Ashraf Sinclair.

“Biasanya kalau aku manggung bahkan di televisi, biasanya eyang video call ‘eyang nonton Bunga,’ selalu memberikan masukkan, pujian, dan apapun yang aku lakukan selalu di-support. Jadi, aku enggak kebayang kalau itu enggak ada lagi,” katanya sambil meneteskan air mata.

Meski tidak sering bertemu dengan Habibie karena jadwal yang padat, Bunga mengatakan selalu menyempatkan waktu dua hingga tiga bulan sekali untuk bertemu Habibie.

“Kami selalu kontak telepon ataupun chat kalaupun eyang lagi ada di Jerman kayak enam bulan,” kata BCL.

BCL mengaku masih belum bisa menerima kenyataan bahwa Habibie telah tiada. “Buat aku, kayak-nya eyang kayak masih ada aja, belum bisa percaya kalau eyang udah enggak ada,” ujar dia.

Usai mendengar kabar duka pada Rabu (11/9) malam, BCL langsung bertolak ke Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto di sela-sela proses syuting.

Sebelum menghadiri upacara pemakaman, BCL juga menyempatkan diri ke rumah duka di Patra Kuningan, Jakarta Selatan, lalu bersama rombongan keluarga menuju TMP Kalibata.

“Semua momentum pasti mengesankan bersama eyang. Eyang adalah salah satu pria yang paling hebat dalam hidup aku, selain suami aku, sama papa,” ujar BCL. (Ant)