sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Wajib punya! Ini 8 kelebihan mobil listrik Wuling EV!

Salah satu mobil listrik yang akan diluncurkan di Indonesia adalah Wuling EV yang berasal dari China.

Hermansah
Hermansah Selasa, 09 Agst 2022 13:06 WIB
Wajib punya! Ini 8 kelebihan mobil listrik Wuling EV!

Industri otomotif saat ini tengah mengembangkan inovasi untuk kendaraan roda empat. Salah satunya adalah mobil listrik yang tengah disukai banyak masyarakat Indonesia saat ini. Sesuai dengan namanya, kendaraan ini ditenagai dari sumber listrik, bukan dari bensin. Salah satu mobil listrik yang akan diluncurkan di Indonesia adalah Wuling EV yang berasal dari China.

Adanya mobil listrik yang ramah lingkungan ini juga ditegaskan dalam Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle/BEV) untuk Transportasi Jalan.

Selain ramah lingkungan, mobil listrik juga memiliki banyak kelebihan yang bisa Anda rasakan jika memilih untuk membelinya. Di bawah ini adalah beberapa kelebihan yang bisa Anda nikmati saat memakai mobil listrik seperti Wuling EV.

1. Ramah lingkungan
Seperti yang sudah disebutkan di atas, mobil listrik lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan mobil yang ditenagai bensin. Mobil listrik juga disebut sebagai mobil non emisi. Dilansir dari edfenergy.com, penelitian dari International Council On Clean Transportation di tahun 2018 menyebutkan kalau mobil listrik adalah sebuah pilihan yang tepat untuk lingkungan. 

Mereka mengatakan kalau mobil listrik akan mengeluarkan gas rumah kaca dan polusi udara yang lebih sedikit daripada mobil yang ditenagai bensin. Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh Badan Energi Eropa juga mengatakan kalau emisi karbon ada mobil listrik dengan pembangkit listrik akan memberikan 17 hingga 30% lebih rendah dibandingkan mobil bensin.

Selain itu, tenaga listrik untuk mengisi daya mobil dapat dihasilkan dari sumber energi yang bisa diperbarui. Tentunya ini berbeda dengan bahan bakar bensin yang harus diambil dari minyak bumi dan tidak dapat diperbaharui.

2. Tidak bising
Mobil yang ditenagai bensin akan menimbulkan suara yang bising di mesinnya. Apalagi jika mobil menggunakan solar sebagai sumber bahan bakarnya. Hal ini berbeda dari mobil listrik yang tidak memerlukan bensin atau bahan bakar minyak. Mobil listrik tidak akan menghasilkan bunyi mesin yang bising. Tentunya hal ini akan memberikan kenyamanan terhadap pengendara dan penumpangnya saat menggunakan mobil ini di perjalanan.

3. Perawatan yang mudah
Perawatan mobil listrik bisa dibilang jauh lebih mudah dan simpel jika dibandingkan dengan mobil bensin. Hal ini karena mobil listrik tidak memiliki sistem pembuangan sehingga mobil tidak perlu melakukan pergantian oli yang sering dilakukan oleh mobil bensin. Jika memiliki mobil listrik, maka Anda hanya perlu melakukan pengecekan rutin dan berkala untuk semua komponen mobil, khususnya baterai aki agar tetap awet untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Sponsored

4. Pajaknya murah
Pemerintah Indonesia memberi beberapa keuntungan bagi pengguna mobil listrik di Indonesia. Di Jakarta sendiri, salah satu keuntungannya adalah dengan memberi pelayanan gratis untuk Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor atau BBNKB dan PKB yang hanya perlu dibayar sebesar 10% oleh pemilik. Tentunya bagi Anda yang baru ingin membeli mobil listrik Wuling EV akan semakin tertarik untuk membeli. 

5. Bebas ganjil-genap
Tak hanya pelayanan gratis untuk BBNKB dan PKB yang hanya dibayar 10 persen saja. Pemilik mobil listrik yang tinggal di Jakarta dapat menggunakan mobilnya setiap hari tanpa takut ditilang karena melanggar aturan ganjil-genap yang diterapkan setiap hari kerja. Hal ini tentu sudah didasari oleh kebijakan Pergub DKI Jakarta  Nomor 88 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Nomor 155 Tahun 2018 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil-Genap. Tentunya hal ini sangat menarik bukan?

6. Harga murah
Salah satu keuntungan yang dapat Anda nikmati jika membeli mobil listrik adalah biaya pemakaiannya yang lebih murah dibandingkan dengan mobil bensin. Mesinnya lebih efisien sehingga Anda hanya akan mengeluarkan biaya yang lebih kecil. Harga mobil Wuling EV juga lebih murah dibandingkan dengan mobil bensin. Tentunya hal inilah yang jadi alasan banyak orang beralih ke mobil listrik untuk kegiatan sehari-hari.

7. Pengisian daya yang fleksibel
Hal yang paling membuat Anda malas saat berkendara adalah mengantri di pom bensin untuk mengisi bahan bakar. Nah, jika Anda memiliki mobil listrik, hal ini tentunya tidak akan Anda rasakan lagi. Anda bisa mengisi daya di rumah karena pengisian dapat dilakukan dengan menghubungkan alat yang terhubung ke rumah Anda.

8. Lebih aman digunakan
Segi keamanan yang diberikan untuk mobil listrik juga sangat terjamin. Mobil listrik sudah melalui serangkaian proses uji tipe seperti uji ketahanan mobil, uji tahan api dan air, sampai uji guncangan dan vibrasi. Mobil listrik juga sudah dilengkapi dengan ITS (Intelligent Transport System) yang berfungsi untuk memutus aliran listrik di dalam mobil saat terjadi benturan keras atau tabrakan.

Kantung udara juga akan terbuka dengan motor listrik yang otomatis berhenti bekerja. Hal ini tentunya akan menekan risiko cidera pada pengemudi dan penumpang yang lebih parah. Inilah mengapa mobil listrik jadi salah satu kendaraan paling aman yang dapat Anda gunakan.

Itulah beberapa kelebihan yang diberikan mobil listrik bagi Anda yang tertarik untuk membelinya. Kelebihan yang diberikan juga sesuai dengan kebutuhan masyarakat masa kini. Memiliki Wuling EV sebagai salah satu mobil listrik juga jadi pilihan tepat. Apalagi Anda bisa dengan mudah memesannya langsung melalui aplikasi Blibli! Yuk, segera miliki mobil listrik Wuling EV untuk menikmati semua keunggulannya.
 

Jalan panjang negara mensejahterakan lansia

Jalan panjang negara mensejahterakan lansia

Senin, 06 Feb 2023 09:15 WIB
Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Minggu, 05 Feb 2023 06:18 WIB
Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Sabtu, 04 Feb 2023 06:12 WIB
Berita Lainnya
×
tekid