sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Fakta seputar Musra relawan Jokowi

Kelompok relawan Jokowi berencana menggelar musyawarah rakyat di 34 provinsi.

Kudus Purnomo Wahidin
Kudus Purnomo Wahidin Kamis, 17 Nov 2022 15:18 WIB
Fakta seputar Musra relawan Jokowi

Musyawarah Rakyat (Musra) kembali digelar kelompok relawan Jokowi  Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (12/11). Setidaknya ada sekitar 15 ribu peserta menghadiri ajang yang digelar untuk mencari kandidat presiden pilihan rakyat itu. 

Hingga kini, kelompok relawan Jokowi telah tujuh kali mengelar Musra. Ketua panitia Musra Panel Barus mengatakan pilihan rakyat telah mengerucut ke sejumlah nama. 

"Ada nama Prabowo yang muncul di Musra, dan Sandiaga Uno, ada nama Ganjar Pranowo itu memang benar," kata Barus saat dihubungi Alinea.id, Minggu (13/11).

Barus mengatakan Projo dan kawan-kawan masih fokus menyiapkan gelaran Musra-Musra berikutnya. Bendahara Umum Projo itu memandang gelaran Musra di tujuh provinsi belum sepenuhnya merepresentasikan keinginan rakyat. 

"Karena baru di provinsi yang populasinya belum terlalu banyak. Belum masuk Jawa Timur, belum masuk Jawa Tengah dan masuk Banten dan seterusnya. Yang pasti, Pak Jokowi memerintahkan kami untuk melanjutkan Musra sampai selesai," kata Barus. 

Digelar perdana di Bandung, Jawa Barat, pada 27 Agustus 2022, Musra direncanakan bakal dilaksanakan di 34 provinsi hingga Maret 2023 supaya merepresentasikan suara rakyat di seluruh Indonesia. 

Setidaknya ada 18 organisasi relawan Jokowi yang ikut serta dalam Musra. Gelaran Musra terakhir bakal dihelat di Jakarta. Jokowi direncanakan menutup Musra pamungkas itu. 

Infografik Alinea.id/Firgie Saputra

Sponsored
Berita Lainnya
×
tekid