sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kasus anak-anak korban klenik

Beberapa kasus kekerasan anak bermotif mistik atau klenik mengemuka tahun ini.

Kudus Purnomo Wahidin
Kudus Purnomo Wahidin Rabu, 15 Sep 2021 17:20 WIB
Kasus anak-anak korban klenik

Pada akhir April 2021, seorang anak berusia dua tahun tewas disiksa ibunya sendiri, YN, dan pria selingkuhannya, RH, di Bengkalis, Riau. Sebelum meninggal, sekujur tubuh bocah itu penuh luka lebam.

Dikutip dari Kompas.com edisi 1 Mei 2021 pelaku, yakni RH mengatakan, korban kerasukan dan harus diruwat dengan cara dimandikan air bunga. RH yang sering menenggak minuman beralkohol mengaku bisa melihat roh jahat yang ada di tubuh bocah itu.

Lantas, pelaku menganiaya korban dengan cara mencekoki cabai rawit dan dibanting beberapa kali. Ibu kandung korban, yang menganggap bocah itu nakal, juga pernah menampar, mencubit, dan menggertak akan memukul korban menggunakan selang minyak.

Tak kalah miris, di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah pada pertengahan Mei 2021 terungkap kasus penganiayaan anak dengan motif nyaris mirip. Mengutip Antara, Rabu (19/5), korban ALH yang berusia tujuh tahun tewas karena dianiaya ayah dan ibu kandung, serta dukun dan asisten dukun. Jenazah korban bahkan disimpan di rumah orang tuanya hingga sudah tinggal kulit dan tulang.

Sponsored

Infografik Alinea.id/Bagus Priyo.

Berita Lainnya