sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Seputar IPO Bukalapak

IPO Bukalapak digadang-gadang menjadi yang terbesar dalam 10 tahun terakhir.

Qonita Azzahra
Qonita Azzahra Kamis, 22 Jul 2021 18:00 WIB
Seputar IPO Bukalapak

Bukalapak akan menjadi perusahaan teknologi pertama yang masuk ke pasar saham Indonesia. Rencana aksi IPO (Initial Public Offering/penawaran umum perdana) e-commerce itu pun mendapat sambutan baik dari berbagai pihak, utamanya para investor ritel.

Aksi korporasi publik lokapasar ini juga digadang-gadang akan menjadi IPO terbesar selama sepuluh tahun terakhir. 

”Kami bersyukur sejauh ini sambutan yang kami peroleh terhadap rencana IPO sangat baik, di mana antusiasme masyarakat yang tergambar dari kehadiran dan pertanyaan yang muncul dalam public expose sangat banyak,” kata Presiden Direktur Bukalapak, Muhammad Rachmat Kaimuddin, kepada Alinea.id, Senin (12/7).

Tidak hanya di Indonesia, perusahaan yang berdiri lebih dari satu dekade lalu ini juga dikabarkan bakal melantai di bursa saham Amerika Serikat (dual listing).
 
Rencananya, IPO akan dilangsungkan pada 28-30 Juli 2021. Kemudian, penjatahan pada 3 Agustus 2021, dan distribusi saham elektronik beserta pengembalian uang pemesanan pada 5 Agustus 2021.

Selanjutnya, Bukalapak akan tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 6 Agustus 2021 dengan kode saham BUKA. Sementara itu, Mandiri Sekuritas dan Buana Capital Sekuritas akan berperan sebagai penjamin pelaksana emisi efek dalam IPO Bukalapak. Sedangkan penjamin emisi efek akan dipercayakan pada UBS Sekuritas dan Mirae Asset Sekuritas Indonesia.

Bukalapak mengidentifikasikan dirinya sebagai marketplace yang berusaha memberdayakan UMKM di Indonesia. Kini, Bukalapak bertengger di posisi kelima perusahaan dengan predikat unikorn dengan valuasi di atas US$1 miliar di Indonesia.

Per Oktober 2020, Bukalapak mencatatkan valuasi sebesar US$2,5 miliar, berada di bawah valuasi perusahaan teknologi Indonesia lainnya yaitu Gojek, Tokopedia, Traveloka, dan OVO.

Alinea.id mengulas aksi IPO Bukalapak dalam artikel ini.

Sponsored

Ilustrasi Alinea.id/Bagus Priyo.

Berita Lainnya