sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Kantor media online Katadata dibobol maling

Kantor media online Katadata Indonesia dibobol maling dengan kerugian hingga Rp400 juta.

Akbar Ridwan
Akbar Ridwan Senin, 18 Nov 2019 19:01 WIB
Kantor media online Katadata dibobol maling

Kantor media online Katadata Indonesia dibobol maling dengan kerugian hingga Rp400 juta.

Chief Operation Officer (COO) PT Katadata Indonesia, Ade Wahyudi, membenarkan telah terjadi pencurian di kantor Katadata.co.id yang terletak di Rukan Permata Senayan, Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan.

Ade mengaku baru mengetahui kantor Katadata dibobol pada Senin (18/11) pagi. Aksi kriminal diduga dilakukan pada, Sabtu (16/11).

"Jadi kami tahunya betul ada pencurian itu tadi pagi," kata Ade saat dikonfirmasi Alinea.id, Jakarta, Senin (18/11).

Dituturkan Ade, awalnya dia mendapatkan kabar kalau pintu kantor terkunci dengan borgol, yang kemudian diketahui dilakukan oleh petugas keamanan rukan.

Berdasarkan keterangan yang diterimanya, satpam mengunci pintu kantor Katadata dengan borgol karena pintu terlihat terbuka pada, Sabtu malam. Hanya saja, saat itu Ade tidak langsung diberitahu.

"Jadi pencuriannya antara Sabtu dini hari sampai Sabtu malam," ucap Ade.

Lebih lanjut, Ade mengatakan sampai saat ini Polsek Kebayoran Lama baru melakukan pemeriksaan terhadap saksi. Selain itu, pada siang tadi tim forensik juga sudah datang di tampat kejadian perkara (TKP).

Sponsored

Namun demikian, saat disinggung apakah ada kaitannya dengan kerja jurnalistik, Ade mengatakan saat ini pihaknya masih menganggap peristiwa nahas tersebut sebagai kriminal murni.

"Saya tidak berani menduga-duga (kaitan dengan kerja jurnalistik). Jadi sampai sejauh ini kita menganggapnya masih pencurian saja. Tapi, saya tidak tahu ke depan pengembangannya seperti apa. Tapi, sejauh yang ada sekarang, kami masih menganggap ini kriminal murni saja," ujar Ade.

Atas tindakan kriminal tersebut, Katadata mengalami kerugian hampir 400 juta. Dari hasil pengecekan diketahui sembilan unit komputer Apple iMac hilang, berikut satu unit monitor dan personal computer (PC). Selain itu, tempat penyimpanan kamera dirusak dan laci-laci dibongkar.