Telah dibuka, ada 360 beasiswa OSC bagi generasi muda digital

Para pelajar yang berminat cukup melakukan pendaftaran dan seleksi melalui skema online, tanpa perlu datang ke kampus yang dituju.

Telah dibuka, ada 360 beasiswa OSC bagi generasi muda digital Pelajar SMA./Antara Foto

Program Online Scholarship Competition (OSC) yang digelar Medcom.id telah resmi dibuka sejak Kamis (30/8) lalu. Terdapat 360 kuota beasiswa dari 18 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) ternama di Jawa hingga Sulawesi, dengan nilai total Rp30 miliar.

18 PTS yang tergabung dalam program ini, akan memberikan masing-masing 20 beasiswa di kampus mereka. Nantinya seluruh biaya pendidikan akan ditanggung universitas, mulai dari uang gedung dan uang kuliah, dari awal sampai lulus S1.

Direktur Utama Medcom Mirdal Akib mengatakan, program beasiswa OSC ini merupakan bekal berharga untuk mengahadapi era revolusi Industri 4.0. Terlebih dunia digital terus berkembang pesat dalam menguasai jagat informasi.

“Kami sadar bahwa seluruh anak muda pasti punya mimpi untuk masa depan yang lebih baik. Untuk itu kami ingin turut serta dalam mempermudah anak muda Indonesia mewujudkan mimpi-mimpinya,” kata Mirdal dalam pernyataan tertulis yang diterima Alinea.

Selain akses, beasiswa ini memberikan kemudahan dalam proses seleksinya. Para peserta tidak perlu datang ke kampus atau universitas yang dituju.

Dengan memanfaatkan teknologi digital saat ini, para peserta OSC dapat kemudahan untuk ikut bersaing mendapatkan beasiswa ini. Para peserta cukup mengakses osc.medcom.id untuk melakukan pendaftaran dan tes tahap awal.

Kemudahan ini juga diharap dapat meningkatkan antusiasme para peminat program beasiswa OSC yang memasuki tahun ke-4. Menurut Mirdal, selama ini program OSC telah mendapat respon positif dari para pelajar Indonesia. 

Pada 2017, terdapat 42.000 pendaftar yang memperebutkan 240 kuota beasiswa di 12 PTS. Tahun ini, diharapkan ada 70 ribu peminat yang melakukan pendaftaran OSC.

“Ini penting sekali, agar calon mahasiswa dapat terhimpun dari Aceh sampai Papua. Lalu, para siswa itu kemudian bisa memiliki akses terhadap universitas ternama di Indonesia,” ungkap Mirdal.

Direktur Pembinaan SMA Kemendikbud, Purwadi Sutanto mengapresiasi program ini. Program OSC ini diharapkan dapat membantu pemerintah memperluas akses siswa SMA dan SMK sederajat, untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi.

"Saya harap Beasiswa OSC bisa ekspansi lebih luas lagi ke luar Jawa, agar siswa di luar jawa juga dapat menikmati kesempatan beasiswa ini," ungkap Purwadi.


Berita Terkait