logo alinea.id logo alinea.id

"Wajah Baru Jakarta", tema HUT ibu kota ke-492

Wajah baru Jakarta bukan hanya fisik, tapi juga pikiran dan perbuatan.

Fandy Hutari
Fandy Hutari Sabtu, 27 Apr 2019 13:15 WIB

Pemprov DKI Jakarta mengambil tema "Wajah Baru Jakarta" pada ulang tahun ibu kota yang ke-492 tahun. Tema itu merujuk perubahan Jakarta, meliputi beroperasinya MRT Jakarta, jembatan penyeberangan orang yang didesain unik, trotoar yang dibuat lebih lebar, dan integrasi moda transportasi.

"Hari ini kita bersyukur bisa bersama-sama di sini untuk pencanangan ulang tahun Jakarta. Saya ingin garis bawahi ‘Wajah Baru Jakarta’ bukan sekadar wajah baru fisiknya saja," kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat pencanangan HUT Kota Jakarta ke-492 tahun di Taman O, Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu (27/4).

Menurut Anies, yang harus diingat, di balik wajah baru secara fisik, ada cara pandang baru, yakni ingin kebaruan itu dimulai dari pikiran hingga perbuatan.

"Jadi, karena itu, dalam memperingati 492 tahun dengan tema 'Wajah Baru Jakarta', bukan sekadar fisiknya saja, tapi gagasan di balik itu," kata Anies.

Sponsored

Pencanangan HUT Kota Jakarta ke-492 memang dimulai lebih awal dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, mengingat datangnya bulan Ramadan dan Idulfitri. Pencanangan ini dilaksanakan serentak di enam wilayah kota administrasi, dengan rincian di Jakarta Pusat di kolong Stasiun Sudirman, Kelurahan Menteng, Kecamatan Menteng; Jakarta Barat di RPTRA Kembangan, Kelurahan Kembangan Utara, Kecamatan Kembangan; Jakarta Selatan di Taman Maju Bersama Asakinah, Kelurahan Kebagusan; Jakarta Utara di Kampung Aquarium; dan Kepulauan Seribu di Lapangan Bola Pulau Kelapa. (Ant).