sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Ada demo buruh, Transjakarta alihkan rute

Water barrier ditempatkan di depan Jalan Medan Merdeka Barat untuk menghalau kendaraan masuk, baik kendaraan pribadi maupun Transjakarta.

Eka Setiyaningsih Akbar Ridwan
Eka Setiyaningsih | Akbar Ridwan Senin, 28 Okt 2019 13:44 WIB
Ada demo buruh, Transjakarta alihkan rute
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 125396
Dirawat 38721
Meninggal 5723
Sembuh 80952

Rencana long march buruh dari Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) dan Konfenderasi Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) ke Istana Negara, tampaknya sulit terealisasi. Mengingat kepolisian telah menutup Jalan Medan Merdeka Barat dengan membentangkan pagar kawat berduri tepat di depan Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata.

Selain itu, berdasarkan pantauan Alinea.id, pada pukul 12.45 WIB water barrier sudah ditempatkan di depan Jalan Medan Merdeka Barat untuk menghalau kendaraan masuk, baik kendaraan pribadi maupun Transjakarta.

Wakil Ketua Umum Konfederasi Perjuangan Buruh Indonesia (KPBI) Jumisih, mengatakan, pemerintah acap kali mengeluarkan kebijakan yang merugikan buruh, seperti upah murah.

"Buruh juga memprotes kebijakan pemerintah yang akan merevisi UU 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan," kata Jumisih dalam orasinya, Jakarta, Senin (28/10).

Dari spanduk yang dibawa, massa membawa 7+1 tuntutan #Reformasi Dikorupsi. Beberapa tuntutan tersebut di antaranya, menolak RKUHP, RUU Pertahanan, RUU Pemasyarakatan, revisi UU Pertambangan Minerba dan UU Ketenagakerjaan, serta UU Sumber Daya Air.

Massa juga mendesak agar Presiden Joko Widodo segera menerbitkan Perppu KPK dan segera mengesahkan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual dan RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga. Mencabut UU Sistem Pendidikan Nasional, UU Pendidikan Tinggi, dan PP Pengupahan.

Pemerintah juga harus bertanggung jawab atas korban luka dan meninggal dari massa aksi pada 23-30 September 2019. Membebaskan massa aksi 23-30 September 2019 dan menghentikan kriminalisasi aktivis prodemokrasi dengan membentuk tim penyelidikan independen di bawah naungan Komnas HAM.

Transjakarta alihkan beberapa rute

Sponsored

Penutupan jalan tersebut menyebabkan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mengalihkan beberapa rute, dari depan Kementerian Pariwisata atau Patung kuda hingga lampu lalu lintas Harmoni dan arah sebaliknya.

"Pukul 11.30 WIB, rute Transjakarta mengalami pengalihan sementara akibat penutupan jalan oleh pihak kepolisian," ujar Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta Nadia Diposanjoyo saat dihubungi Alinea.id, Senin (28/10).

Berikut rute Transjakarta yang dilakukan pengalihan sementara:

1. Koridor 1: Blok M-Kota, mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan di sekitar Patung Kuda. Untuk sementara tidak melewati Halte Monas berlaku kedua arah. 

2. Rute 1A: PIK-Balai Kota, mengalami perpendekan rute menjadi PIK-Harmoni terkait adanya penutupan jalan di sekitar Patung Kuda. 

3. Koridor 2: Harmoni-Pulo Gadung, mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan di sekitar Patung Kuda. Untuk sementara tidak melewati Halte Monas s/d Halte Gambir 2. 

4. Rute 6A: Ragunan-Monas via Kuningan, saat ini mengalami perpendekan rute menjadi Ragunan-Bank Indonesia via Kuningan terkait adanya penutupan jalan di sekitar Patung Kuda. 

5. Rute 6B: Ragunan-Monas via Semanggi, saat ini mengalami perpendekan rute menjadi Ragunan-Bank Indonesia via Semanggi terkait adanya penutupan jalan di sekitar Patung Kuda. 

6. Rute 5A: Kampung Melayu-Grogol, mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan di sekitar Patung Kuda. Untuk sementara tidak melewati Halte Bank Indonesia dan Halte Monas. 

Rute 5A: Grogol-Kampung Melayu mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan di sekitar Patung Kuda. Untuk sementara tidak melewati plang bus BPKP sampai dengan Halte Bank Indonesia. 

7. Rute 7F: Harmoni-Kampung Rambutan, mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan di sekitar Patung Kuda. Untuk sementara tidak melewati Halte Monas sampai dengan Halte Gambir 2. 

8. Rute DA4: Kota-MRT Dukuh Atas, mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan di sekitar Patung Kuda. Untuk sementara tidak melewati Pemberhentian Monas 1 sampai dengan Bank Indonesia. 

Rute DA4: MRT Dukuh Atas-Kota, mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan di sekitar Patung Kuda. Untuk sementara tidak melewati pemberhentian Bank Indonesia sampai dengan pemberhentian Komplek Majapahit Permai. 

9. Rute GR1: Harmoni-Bundaran Senayan, sementara mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan di sekitar Patung Kuda. Untuk sementara tidak melewati pemberhentian Monas 1 sampai dengan Bank Indonesia. 

Rute GR 1: Bundaran Senayan-Harmoni, sementara mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan di sekitar Patung Kuda. Untuk sementara tidak melewati pemberhentian Bank Indonesia s/d pemberhentian RRI.  

10. Rute 1P: Bundaran Senayan-Senen, mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan di sekitar Patung Kuda. Untuk sementara tidak melewati pemberhentian Indosat sampai dengan Monas 3.

11. Rute 9B: Pinang Ranti-Kota, mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan di sekitar Patung Kuda. Untuk sementara tidak melewati halte BI dan Monas.

12. Rute 2A: Kalideres-Pulogadung, mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan di sekitar Patung Kuda. Untuk sementara tidak melewati halte Monas sampai dengan Gambir 2. 

13. Rute 2D: Rawa Buaya-ASMI, mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan di sekitar Patung Kuda. Untuk sementara tidak melewati halte Monas sampai dengan Gambir 2. (Ant)

Berita Lainnya