sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Amien Rais diminta introspeksi diri

Dwi Rio Sambodo menilai, Amien Rais telah kehilangan panggung politik.

Achmad Rizki
Achmad Rizki Jumat, 14 Agst 2020 16:49 WIB
Amien Rais diminta introspeksi diri
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 389.712
Dirawat 62.649
Meninggal 13.299
Sembuh 313.764

Pernyataan politikus senior Amien Rais menyebut Indonesia kian meredup dan meminta Presiden Jokowi resign berbuntut panjang. Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Jakarta Timur, Dwi Rio Sambodo menyayangkan, pernyataan tersebut. 

Menurut dia, sebagai politikus senior seharusnya berbicara secara objektif dan memberikan contoh yang baik. "Ini sangat lucu. Pak Amien selalu memberikan kritik tidak berdasar ke Presiden Jokowi. Sebaiknya, introspeksi setelah gagal mengusung kandidatnya dalam Kongres ke-V PAN, pada Februari 2020," kata Dwi Rio, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (14/8).

Dia menilai, Amien telah kehilangan panggung sehingga terjangkit gejala post power syndrome akut. "Di kalangan internal sendiri saja kepemimpinannya ditolak. Ini, bak pepatah menepuk air didulang terpercik muka sendiri," ucap Dwi Rio.

Lebih jauh, anggota Fraksi PDIP DPRD DKI itu mengingatkan, tentang bahaya karma politik akibat perilaku Amien Rais yang sering bertindak selayaknya sengkuni. "Karma politik itu nyata. Saya justru kasihan pada Amien Rais dan perilaku anaknya," jelasnya.

Misalnya, kata Dwi Rio, perilaku Hanum Rais membuat heboh karena manipulasi tipuan Ratna Sarumpaet, Hanafi Rais tersingkir dari panggung politik karena kesombongan sikapnya, dan kini Muntaz Rais dilaporkan ke polisi akibat perilaku yang membahayakan keselamatan penerbangan.

"Stop hujat kepemimpinan Pak Jokowi. Sebaiknya, Amien Rais kembali pada khittahnya menjalankan tugas seorang ayah. Apapun, tanggung jawab etis atas pendidikan dan karakter anak-anak tidak bisa dilepaskan dari orang tuanya," bebernya.

Mantan aktivis GMNI itu mengajak para elite politik dapat menghadirkan keteladanan yang sesuai dengan jiwa dan kepribadian bangsa dan Pancasila. "Seluruh elemen bangsa seharusnya lebih mengutamakan keselamatan, bukan menghadirkan ujaran kebencian dan perpecahan," tandas Dwi Rio.

Sebelumnya, Amien Rais menilai Indonesia semakin tidak bersinar bahkan cenderung meredup. Amien melihat ada kekuatan-kekuatan anti ketuhanan nampak semakin beringas dan berani muncul.

Sponsored

"Saudara-saudaraku saya lihat dan cermati bahwa dalam pergaulan antarbangsa dewasa ini Indonesia yang kita cintai bersama semakin tidak bersinar, malahan semakin meredup. Kemanusian kita bisa dikatakan cenderung menjadi kemanusian agak zalim dan tidak lagi berdadab," kata Amien seperti disiarkan dalam kanal Youtube Amien Rais.

Berita Lainnya