sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Aturan penyeberangan di Pelabuhan Merak dilonggarkan

Operasional kapal dan layanan penumpang di Pelabuhan Merak kembali dibuka

Khaerul Anwar
Khaerul Anwar Selasa, 28 Apr 2020 16:54 WIB
Aturan penyeberangan di Pelabuhan Merak dilonggarkan
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 406.945
Dirawat 58.868
Meninggal 13.782
Sembuh 334.295

Pemerintah telah melarang mudik Lebaran 2020. Hal tersebut dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran coronavirus atau Covid-19. Namun, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perbubungan (Kemenhub) memberikan kebebasan kepada pihak kepolisian untuk mengambil keputusan sendiri pemudik yang boleh melewati pos check point.

"Arahan Pak Presiden yang mudik melewati check point, itu sesuai diskresi kepolisian. Kalau Bekasi dan Karawang, kan dekat," kata Dirjen Perbubungan Darta Kemenhub Budi Setiyadi saat ditemui di Mapolda Banten, Selasa (28/4).

Operasional kapal dan layanan penumpang di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten dibuka kembali. Padahal, sebelumnya pelayanan penyeberangan bagi penumpang sempat dinyatakan ditutup satu hari sebelum pelaksanaan pelarangan mudik.

"Sesuai petunjuk Pak Menhub, fleksibilitas dan yang dizinkan pemudik yang jaraknya pendek dari Cilegon ke Lampung," katanya.

Masyarakat masih diperbolehkan menyeberang dari Pulau Jawa ke Sumatera dan sebaliknya via Pelabuhan Merak. Syaratnya, yang bukan berasal dari wilayah zona merah atau daerah yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Menurut dia, Kota Cilegon tidak termasuk wilayah PSBB. Dengan begitu, Pelabuhan Merak masih dibuka untuk melayani penumpang pejalan kaki atau kendaraan. 

"Khusus di Merak, 1 Mei masih kami buka satu atau dua cashles. Kemudian, masih juga kami mengakomodir pemudik yang belum punya android atau tidak bisa menggunakan online," katanya.

Berdasar catatan Polda Banten, dari sebanyak delapan posko check point ada 612 kendaraan dari Jakarta yang menuju ke pulau Sumatra diperintahkan putar balik. Hal tersebut, berdasarkan data pada Senin (27/4) malam.

Sponsored

 

Berita Lainnya