sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Banyak anak muda terpapar Covid-19, Menkes klaim 99% sembuh

Kemenkes juga masih mengkaji beberapa vaksin Covid-19 untuk disuntikan ke anak muda.

Manda Firmansyah
Manda Firmansyah Jumat, 25 Jun 2021 14:13 WIB
Banyak anak muda terpapar Covid-19, Menkes klaim 99% sembuh

Anak muda semakin banyak terpapar Covid-19 di Indonesia. Saat ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sedang melakukan penelitian terkait tingkat keparahan infeksi coronavirus terhadap remaja.

"Karena memang datanya di seluruh dunia, untuk usia di bawah 18 tahun itu 99% lebih itu sembuh, dibandingkan dengan usia yang di atas 18 tahun," ujar Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers virtual, Jumat (25/6).

Kemenkes juga masih mengkaji beberapa vaksin Covid-19 untuk disuntikan ke anak muda. Opsi pertama Sinovac. Alasanya, sudah mengantongi emergency use authorization (EUA) dan bisa digunakan untuk usia 3-17 tahun. 

Lalu, vaksin Covid-19 Pfizer yang dapat digunakan untuk usia 12-17 tahun. Kemenkes akan meminta saran kepada Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) terkait keputusan pemberian vaksinasi Covid-19 untuk anak muda. 

"Di negara-negara lain seperti apa (perlu dilakukan studi untuk pengambilan keputusan pemberian vaksinasi Covid-19 untuk anak muda), negara-negara Eropa, Amerika Serikat, dan Asia. Bagaimana mereka melakukan treatment, pemberian vaksin untuk usia di bawah 18 tahun,” ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI, Dwi Oktavia mengatakan, tren kasus Covid-19 aktif pada anak dibawah usia 18 tahun terus mengalami peningkatan.

Dari total 5582 kasus positif Covid-19 pada Minggu (20/6), ada sebanyak 655 kasus adalah anak usia 6-18 tahun, 224 kasus anak usia 0-5 tahun (balita), dan 4.261 kasus usia 19-59 tahun.

"Untuk itu, kami mengingatkan warga untuk menghindari keluar rumah membawa anak-anak," ucapnya dalam keterangan tertulis, Minggu (20/6).

Sponsored

Merujuk data IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia), angka kematian anak di Indonesia sudah tertinggi di dunia. Hingga saat ini, 12,5% pasien terinfeksi coronavirus masih anak-anak.

Berita Lainnya
×
tekid