sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Arah industri alutsista diracik setelah kunjungan Prabowo ke Pindad

Usai kunjungan ke Pindad, Kemenhan akan melakukan kajian untuk menentukan arah industri alutsista.

Fadli Mubarok
Fadli Mubarok Selasa, 05 Nov 2019 10:46 WIB
Arah industri alutsista diracik setelah kunjungan Prabowo ke Pindad

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Wahyu Sakti Trenggono akan berkunjung PT Pindad (Persero). Rencananya, Prabowo dan Trenggono akan berkunjung ke pabrik Pindad pada Rabu (6/11) besok. 

Dalam agenda kunjungan ke Pindad, Menhan dan Wamenhan berencana mengembangkan alat utama sistem persenjataan (alutsista) untuk TNI. Meski begitu, belum jelas kemana arah industri pertahanan di bawah komando Prabowo dan Trenggono. 

"Rencananya hari Rabu kami akan ke Pindad. Setelahnya, baru bisa menentukan arah industri pertahanan secara menyeluruh," kata Trenggono di Jakarta, Selasa (5/11).

Strategi BUMN yang memproduksi alutsista tersebut juga akan segera ditentukan Kemenhan. Namun, diakui Trenggono, perlu ada kajian lewat observasi dan survei sebelum memutuskan strategi Pindad. 

Sponsored

Prabowo telah berkunjung ke Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, pekan lalu. Dalam kunjungan tersebut salah satu janji Prabowo sebagai Menhan adalah untuk memperkuat alutsista.

Prabowo berjanji akan optimal dalam rangka memenuhi kebutuhan alutsista bagi TNI, baik untuk Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), maupun Angkatan Udara (AU).