sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

BNPB: Potensi tsunami terjadi di Toili Banggai dan Morowali

Gempa berkekuatan magnitudo 6,9 berpotensi terjadi tsunami di Toili, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Masyarakat diminta mengungsi.

Sukirno
Sukirno Jumat, 12 Apr 2019 19:38 WIB
BNPB: Potensi tsunami terjadi di Toili Banggai dan Morowali
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 275213
Dirawat 61813
Meninggal 10386
Sembuh 203014

Gempa berkekuatan magnitudo 6,9 berpotensi terjadi tsunami di Toili, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan gempa terasa kuat di Kabupaten Banggai, Sulteng.

"Daerah yang berpotensi tsunami adalah di Kecamatan Toili," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Alinea.id, Jumat (12/4).

Dia mengatakan, Kalak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten banggai telah mendapatkan rekomendasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) setempat. Masyarakat di Kecamatan Toili diminta untuk mengungsi.

Gempa terasa kuat di Kota Palu sekitar 6 detik. Masyarakat panik dan keluar dari rumah. Di Kabupaten Luwu Timur, gempa terasa sekitar 4 detik. 

"Gempa berpotensi tsunami di Kabupaten Morowali, namun belum bisa dikontak," urainya.

BMKG menyatakan gempa berpotensi tsunami dengan status peringatan waspada. Artinya, pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota yang berada pada status waspada diharapkan untuk memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan sungai.

Gempa bumi terjadi pada Jumat (12/4) pukul 18.40 WIB dengan magnitudo 6,9 di sebagian wilayah Sulteng. Lokasi gempa sekitar 85 kilometer barat daya Banggai, 113 kilometer timur laut Morowali.

Sponsored
Berita Lainnya
×
img