sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Canangkan transformasi, calon Kapolri perkenalkan konsep Presisi

Dalam konsep yang disusunnya, terdapat tiga nilai utama yang menjadi fokus transformasi.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Rabu, 20 Jan 2021 11:02 WIB
Canangkan transformasi, calon Kapolri perkenalkan konsep Presisi

Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo mencanangkan konsep transformasi Polri dan arah kebijakan, bila terpilih menjadi orang nomor satu di Korps Bhayangkara. Dalam konsep yang disusunnya, terdapat tiga nilai utama yang menjadi fokus transformasi.

"Dengan tranformasi menuju Polri yang prediktif, responsibilitas, dan transparansi yang berkeadilan, kami perkenalkan sebagai konsep Polri yang Presisi," kata Listyo, saat uji kelayakan dan kepatutan dengan Komisi III DPR RI, yang disiarkan secara virtual, Rabu (20/1).

Listyo berkata, konsep operasional dengan rencana yang nyata dan rasional itu akan menjadi dasar guna mewujudkan harapan masyarakat. "Konsep inilah yang akan mewarnai Polri masa depan," tutur dia.

Konsep transformasi Polri yang Presisi hadir melalui penekanan upaya penegakan pemeriksaan yang prediktif. Dengan begitu, diharapkan dapat membangun kejelasan dari setiap permasalah keamanan dalam menciptakan keteraturan sosial di tengah rakyat.

"Penegakan itu juga akan mentransformasi wajah Polri ke depan, antara lain pada layanan publik yang terintegrasi, modern, mudah, dan cepat. Pemeliharaan Kamtibmas, dan penegakan hukum yang prediktif, bertanggung jawab, transparan, serta menjamin rasa keadilan masyarakat," terangnya.

Konsep prediktif akan mengimplementasikan model pemeriksaan prediktif, dengan mengedepankan kemampuan prediksi situasi dan kondisi yang menjadi isu dan permasalahan serta gangguan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

"Melalui Prediksi yang didasarkan pada analisa fakta dan informasi yang didukung dengan kemajuan perkembangan teknologi infirmasi, sehingga tindakan kepolisian akan lebih tepat dan mampu menyelesaikan permasalahan secara tuntas," ucap Listyo.

Sementara responsibilitas, diwujudkam dalam bentuk rasa tanggung jawab, baik dalam ucapan, sikap, perilaku, dan respons dalam melaksanakan tugas. Konsep ini ditujukan untuk menjamin kepentingan dan harapan masyarakat dalam menciptakan keamanan.

Sponsored

"Sedangkan transparansi keadilan tentunya merupakan realisasi dari prinsip, cara berfikir, dan sistem yang terbuka, akuntabel, humanis, dan kami terbuka untuk diawasi. Sehingga pelaksanaan tugas kepolisian akan dapat menjamin keamanan dan rasa keadilan masyarakat," ujar Listyo.

Berita Lainnya