logo alinea.id logo alinea.id

Jokowi: Habibie inspirasi Indonesia agar sejajar dengan negara besar

"Almarhum sudah bekerja dan berpikir untuk Indonesia 50 tahun, bahkan 100 tahun ke depan."

Gema Trisna Yudha
Gema Trisna Yudha Kamis, 12 Sep 2019 15:17 WIB
Jokowi: Habibie inspirasi Indonesia agar sejajar dengan negara besar

Presiden Joko Widodo menyatakan almarhum BJ Habibie merupakan inspirator bangsa Indonesia untuk menjadi negara besar. Hal ini tampak dari cara pikir Habibie yang visioner, melampaui apa yang terjadi saat ini dan beberapa tahun ke depan. 

"Almarhum sudah bekerja dan berpikir untuk Indonesia 50 tahun, bahkan 100 tahun ke depan, untuk Indonesia bisa lepas landas menjadi Indonesia maju," kata Jokowi saat menyampaikan sambutan dalam upacara pemakaman Habibie di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9).

Menurutnya, Habibie juga berhasil mewujudkan pemikiran visionernya pada sejumlah industri strategis di Indonesia, termasuk industri pesawat terbang nasional. Pada HUT ke-50 RI, pesawat N-250 Gatotkaca karya Habibie berhasil mengudara di langit Indonesia. 

"Itu adalah sebuah peristiwa bersejarah yang tertanam di benak banyak masyarakat Indonesia, menginspirasi kita untuk percaya diri, menginspirasi anak-anak muda untuk bangkit dan belajar, menjadikan Indonesia berdiri sejajar dengan negara-negara besar di dunia," kata Jokowi.

Karena itu, Jokowi mengatakan Presiden ke-3 RI itu merupakan suri teladan bangsa. Jokowi menyebut Habibie tak cuma sebagai salah satu negarawan, tetapi juga inspirator dan ilmuwan terbaik Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, putra pertama Habibie, Ilham Habibie, menyebut ayahnya sebagai sosok teladan yang tak pernah berhenti belajar. 

Bagi Ilham, Habibie tak hanya merupakan sosok ayah yang baik, tapi juga inspirator, negarawan, dan idola dalam hidupnya. Hal tersebut, kata dia, juga dilihat dan dirasakan oleh banyak orang yang mengenal Habibie.

"Bapak selalu belajar, sampai akhir hayatnya, selalu mempelajari tantangan baru dan memberikan solusi terbaik dari masalah tersebut," kata Ilham Habibie saat menyampaikan sambutan keluarga dalam pemakaman ayahnya.

Sponsored

Upacara pemakaman kenegaraan Habibie dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo. Pasukan TNI mengiringi penanduan jenazah Habibie yang diselimuti bendera Merah Putih. 

Wakil Presiden Jusuf Kalla tampak hadir bersama Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono. Tampak pula Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri.

Para mantan wakil presiden juga menghadiri acara itu, yakni Try Sutrisno, Hamzah Haz, dan Boediono. Ibu Negara Iriana Widodo datang bersama Mufidah Jusuf Kalla. 

Habibie disemayamkan di TMP Kalibata Blok M Nomor 120. Pusara jenazah Habibie berada di samping makam istrinya, Hasri Ainun Besari di Blok M Nomor 121. (Ant)