sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Hari pertama sekolah, Mendikbud tekankan larangan perpeloncoan

Setiap siswa yang hendak menimba ilmu di sekolah, harus mendapatkan suasana yang nyaman di sekolah.

Gema Trisna Yudha
Gema Trisna Yudha Senin, 15 Jul 2019 09:04 WIB
Hari pertama sekolah, Mendikbud tekankan larangan perpeloncoan
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 266845
Dirawat 60431
Meninggal 10218
Sembuh 196196

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menegaskan larangan perpeloncoan terhadap siswa baru. Pesan tersebut disampaikan hari ini, yang menjadi hari pertama masuk sekolah tahun ajaran baru.

"Saya tegaskan tidak boleh ada perpeloncoan terjadi di sekolah. Tidak boleh terjadi," kata Muhadjir saat mengunjungi SD Muhammadiyah 5 Jakarta, Senin (15/7).

Dia meningatkan para guru untuk membekali para siswa agar tidak melakukan perpeloncoan di sekolah. Setiap siswa yang hendak menimba ilmu di sekolah, harus mendapatkan suasana yang nyaman di sekolah.

"Tidak ada boleh ada perpeloncoan di sekolah. Sekolah harus ramah pada anak," ucapnya.

Sponsored

Dia mendukung program kakak dan adik asuh yang dijalankan di sekolah tersebut. Program tersebut melatih siswa senior untuk dapat menjaga dan bertanggung jawab pada siswa junior yang baru masuk sekolah.

Muhadjir mengatakan, program tersebut dapat menjadi cara tepat untuk menghindari perpeloncoan maupun perundungan di sekolah. Ia pun berharap setiap anak memiliki kakak asuh di sekolah, untuk mengarahkan dan membimbing adik-adiknya yang baru masuk sekolah. 

"Ingat anak-anak yang baru masuk ini, baru beradaptasi di sekolah itu. Saya minta kakak kelasnya membantu adik-adiknya," kata dia.

Berita Lainnya
×
img