logo alinea.id logo alinea.id

Hindari kemacetan, Jasa Marga menutup sejumlah rest area

Ada pun rest area yang ditutup adalah area KM 62B, KM 52B, KM 42B, dan KM 32B. Penutupan rest area sebelah kiri dari arah Cikampek.

Armidis
Armidis Sabtu, 08 Jun 2019 10:44 WIB
Hindari kemacetan, Jasa Marga menutup sejumlah rest area

Mengantisipasi potensi kepadatan lalu lintas arus balik menuju Jakarta. Selain memberlakukan one way (sistem satu arah), pihak Jasa Marga dan kepolisian juga menutup sejumlah rest area yang diprediksi menimbulkan kamacetan.

"Jasa Marga bekerja sama dengan kepolisian akan menutup sejumlah rest area yang berpotensi menimbulkan kemacetan," kata Unit Manager Communication Relations & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III, untuk wilayah Jawa Bagian Barat, Dewi Sri Utami melalui keterangan persnya, Jakarta, Sabtu (8/6).

Ada pun rest area yang ditutup adalah area KM 62B, KM 52B, KM 42B, dan KM 32B. Penutupan rest area sebelah kiri dari arah Cikampek menuju Jakarta akan berlaku mulai hari ini, Sabtu (8/6).

Sri Utama mengimbau, agar masyarakat yang hendak menuju balik ke Jakarta untuk mengisi bahan bakar di SPBU sebelum memasuki KM 70. Sebab sistem contra flow akan diberlakukan selepas KM 70 Cikampek Utama. Pihak Pertamina telah menyiapkan sejumlah SPBU yang bisa dipakai untuk mengisi bahan bakar.

“Kami berharap masyarakat dapat mengisi penuh BBM nya di sejumlah rest area dengan layanan SPBU Reguler maupun layanan SPBU Modular sebelum memasuki KM 70,” kata Sri Utami.

Selain itu, bagi pemudik yang dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta di ruas tol Kalikangkung–Pejagan terdapat beberapa tempat yang dibuka untuk beristirahat atau hendak mengisi bahan bakar.

Di antaranya, SPBU Regular : KM. 519 B, KM. 389 B, KM. 360 B dan KM. 260 B. Kios Pertamina Siaga : KM. 487 B, KM. 456 B, KM.429 B, KM. 5 B (Tol semarang Jatingaleh), KM. 344 B, KM. 294 B dan KM. 282 B.

Selain itu, untuk mendukung sistem one way dari arah Jawa Tengah menuju Cikampek, pihak Pertamina juga menyiapkan fasilitas SPBU Regular dan kios Pertamina di ruas A.

Sponsored

"Saat sistem one way akan didukung dengan fasilitas SPBU Regular dan kios Pertamina di ruas A (jalur kanan jalan tol dari arah Jawa Tengah ke Cikampek)," kata dia.

Sejumlah SPBU yang disiagakan. Di antaranya, SPBU Regular : KM. 519 A, KM. 429 A dan KM. 379 A. Sementara untuk Kios Pertamina Siaga : KM. 487 A, KM. 456 A, KM. 391 A, KM. 344 A, KM. 287 A, KM. 275 A dan KM. 252 A.