sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

HUT ke-492, Pemprov DKI gratiskan sejumlah objek wisata

Promo gratis masuk menjadi bagian dari program perayaan ulang tahun DKI Jakarta.

Eka Setiyaningsih
Eka Setiyaningsih Minggu, 23 Jun 2019 14:08 WIB
HUT ke-492, Pemprov DKI gratiskan sejumlah objek wisata

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memberlakukan promo khusus untuk memperingati HUT Jakarta ke-492. Program tersebut berupa diskon hingga tiket gratis untuk masuk ke sejumlah obyek wisata. 

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Edy Junaedi mengatakan, selain untuk memperingati HUT Jakarta, program ini juga menjadi bagian dari pengenalan wisata yang ada di Ibu Kota.

"Beberapa diskon atau promo ini memang inisiatif dari kami (Pemprov DKI), salah satunya Monas," ujar Edy saat dihubungi jurnalis Alinea.id, Minggu (23/6).

Atlantis Water Adventures juga mengadakan promo gratis masuk dengan menggunakan KTP DKI Jakarta dalam perayaan HUT Ibu Kota. Tiket promo ini diberlakukan khusus pada 21, 22, dan 23 Juni 2019.

Para pengunjung yang ingin mendapat manfaat dari promo ini harus melakukan pembelian tiket langsung di loket Atlantis Water Adventures. Di sana, para pengunjung akan diminta menunjukkan bukti KTP DKI dan menyerahkan fotokopinya.

Pada promo ini, satu KTP berlaku untuk maksimal 5 tiket. Promo tiket ini juga hanya berlaku untuk 1x pemakaian selama periode promo berlangsung. Manfaat promo ini tidak digabungkan dengan promo lainnya.

Corporate Secretary Taman Impian Jaya Ancol Rika Lestari mengatakan dengan adanya promo KTP DKI di Atlantis menadapat respon yang baik dari masyarakat. Hal ini terlihat pada jumlah pengunjung yang datang ke tempat wisata tersebut.

"Alhamdulillah ramai. Rata-rata jumlah kunjungan sekitar 5.000 orang per hari pada promo tersebut," ujar Rika kepada jurnalis Alinea.id.

Sponsored

Pada Jumat (21/6) lalu, Taman Impian Jaya Ancol juga menggratiskan pengunjung yang datang ke tempat ini. Tiket gratis berlaku mulai pukul 06.00 hingga 18.00 WIB.

Namun, tiket gratis ini hanya berlaku untuk individu dan tidak termasuk parkir. Akses gratis juga hanya berlaku untuk masuk dari Pintu Gerbang Utama (PGU) Ancol. Untuk masuk ke dalam wahana lain di dalam Ancol, para pengunjung tetap diharuskan membayar tiket yang telah ditetapkan.

Rika mengatakan, promo ini membuat pengunjung yang datang mencapai 122.000 orang pada 21 Juni 2019. "Pencapaian ini lantaran ada pemberian masuk ancol gratis dalam rangka HUT Jakarta," katanya.

Sementara, pada 22 Juni 2019, jumlahnya menurun menjadi 56.000 orang. "Rata-rata jumlah pengunjung Ancol saat weekend 50.000-60.000 orang," ujarnya.

Selain dua tempat tersebut, ada delapan museum dan enam objek wisata di bawah naungan Pemprov DKI Jakarta yang menggratiskan biaya masuk selama 22 hingga 23 Juni 2019 akhir pekan ini.

Museum yang digratiskan:
1. Museum Sejarah Jakarta
2. Museum Joang 45
3. Museum MH Thamrin
4. Museum Prasasti
5. Museum Seni Rupa dan Keramik
6. Museum Wayang
7. Museum Tekstil
8. Museum Bahari

Objek wisata yang digratiskan:
1. Monumen Nasional
2. Anjungan DKI di TMII
3. Perkampungan Budaya Betawi & Setu Babakan
4. Planetarium
5. Taman Arkeologi Onrust
6. Rumah si Pitung Marunda