sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

JK terkait fenomena HRS, Mahfud MD ingatkan aksi 212 dan 411

Mahfud mengaku, setuju dengan JK dalam konteks seperti terjadi kekosongan pemimpin Islam yang berperan melakukan nahi munkar.

Manda Firmansyah
Manda Firmansyah Minggu, 13 Des 2020 09:48 WIB
JK terkait fenomena HRS, Mahfud MD ingatkan aksi 212 dan 411

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menganggap berita Republika.co.id berjudul 'Fenomena Habib Rizieq Shihab (HRS), Mahfud MD setuju dengan pendapat Jusuf Kalla (JK)' unggahan berisi narasi yang salah. Pangkalnya, portal itu mengutip informasi video di kanal Youtube Berita Satu.

Dia menjelaskan, setuju dengan Jusuf Kalla dalam konteks terjadinya kekosongan pimpinan Islam dalam penegakan nahi munkar.

"Berita salah narasi. Saya setuju dengan JK dalam konteks seperti terjadi kekosongan pemimpin Islam yang berperan melakukan nahi munkar. Seperti JK, saya tidak pernah mengatakan kekosongan pemimpin formal di Indonesia, melainkan melemahnya peran nahi mungkar ormas dan partai Islam," ujar Mahfud melalui akun twitter pribadinya @mohmahfudmd, Minggu (13/12).

Sebagai pembanding konsistensi pernyataan tersebut, Mahfud mengingatkan kembali tanggapannya terkait gelombang protes aksi 411 dan 212.

Sponsored

"Ketika 4 tahun lalu (2016) terjadi aksi besar 411 & 212 melalui ILC TV One saya bilang, umat yang ikut membanjiri demo itu bukan karena pengikut FPI atau HRS, tetapi karena menumpang protes melalui orang yang berani benahi munkar. Mengapa? Karena saat itu tokoh-tokoh dan ormas Islam lebih banyak beramar makruf. Lihat ILC," ucapnya.

Sebelumnya, Mahfud MD membenarkan pernyataan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla perihal fenomena dukungan terhadap Imam Besar FPI HRS. Bahkan, mengklaim pernah menyatakan hal serupa dua tahun lalu. 

Namun, kata dia, fenomena banyak orang mendukung HRS bukan berarti bisa disebut pengikutnya. "Jadi, bukan sekian orang menjadi pengikutnya. Itu orang mau protes mencari tumpangan. Saya sudah mengatakan itu juga dulu.," tutu Mahfud di akun Youtube Berita Satu berjudul ‘Mahfud Tanggapi JK & Revolusi Rizieq, Jumat (11/12).

Berita Lainnya