sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jokowi jadi inspektur upacara di Hari Bhayangkara 77

Polri memilih Stadion GBK karena dengan harapan dapat semakin mendekatkan Polri dengan masyarakat.

Immanuel Christian
Immanuel Christian Sabtu, 01 Jul 2023 14:09 WIB
Jokowi jadi inspektur upacara di Hari Bhayangkara 77

Kepolisian memastikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara dalam peringatan HUT ke-77 Bhayangkara. Acara ini akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (1/7).

Kabagpenum Ropenmas Divisi Humas Polri, Kombes Nurul Azizah mengatakan, kegiatan upacara akan dimulai pada sore ini. Ada pun pada peringatan ulang tahun kali ini mengangkat tema Polri Presisi Untuk Negeri Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju. 

“Upacara pukul 15.20 WIB. Inspektur upacara adalah Bapak Presiden RI Ir Joko Widodo," kata Nurul kepada wartawan, Sabtu (1/7/).

Nurul menyebut, pemilihan GBK sebagai tempat peringatan bukan tanpa alasan. Polri memilih Stadion GBK karena dengan harapan dapat semakin mendekatkan Polri dengan masyarakat. 

Dalam kegiatan Hari Bhayangkara ke-77 ini, Nurul menyebut akan dihiasi dengan festival pasar rakyat, pameran alat material khusus (almatsus) Polri, hingga stand perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) hingga SKCK keliling.

Selain itu, Nurul mengatakan dalam rangkaian upacara di GBK akan menampilkan Parade Kolosal dan Teatrikal Nusantara melalui sejumlah tarian dan kebudayaan dari masing-masing daerah.

Sementara itu, Polda Metro Jaya mengerahkan 1.777 personel gabungan untuk melakukan pengamanan di Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-77. Perayaan akan dilakukan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (1/7).

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, personel gabungan itu terdiri dari 976 orang yang bertugas di Polda Metro Jaya. Sementara, lainnya berasal dari tiap polres di bawah naungan Polda Metro Jaya.

Sponsored

“Personel Polisi terdiri atas Polda Metro Jaya 976 orang dan dari polres-polres sebanyak 628 orang," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu (1/7).

Trunoyudo menyebut, tak hanya polisi, personel pemda juga ikut dilibatkan dalam pengamanan ini. Baik Satpol PP, Dinas Perhubngan, Pemadam Kebakaran, hingga Dinas Kesehatan turut dilibatkan.

Secara rinci, mereka terdiri atas Satpol PP sebanyak 60 personel, Dinas Perhubungan 55 personel, Pemadam Kebakaran sebanyak 30 personel beserta enam unit pemadam, dan dari Dinas Kesehatan sebanyak 28 personel dengan empat unit ambulans.

Lebih lanjut, pihak kepolisian juga melaksanakan rekayasa lalu lintas di sekitar Gelora Bung Karno untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan. Namun rekayasa bersifat situasional tergantung kondisi di lapangan untuk penerapannya.

“Sifatnya situasional melihat kondisi di lapangan,” ujarnya.

Sebagai informasi acara puncak HUT ke-77 Bhayangkara akan diselenggarakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat. HUT ke-77 Bhayangkara mengangkat tema “Polri Presisi untuk Negeri. Pemilu Damai untuk Indonesia Emas”.

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid