sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jokowi: Penerapan prokes merupakan praktik beragama

Presiden Jokowi mengapresiasi pelaksanaan peringatan Tri Suci Waisak yang dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Kamis, 27 Mei 2021 15:32 WIB
Jokowi: Penerapan prokes merupakan praktik beragama

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, menerapkan protokol kesehatan (prokes) guna mencegah penularan Covid-19 merupakan praktik keagamaan yang mulia dan menghormati sesama umat manusia guna memperoleh berkah kesehatan.

"Kepatuhan menerapkan protokol kesehatan merupakan praktik keagamaan yang mulia, menghormati dan menghargai sesama umat manusia, dan bersama-sama berupaya memperoleh berkah kesehatan," ucapnya saat menghadiri Dharmasanti Tri Suci Waisak 2565 Tahun Buddhis yang digelar virtual, Kamis (27/5).

Dia pun mengapresiasi dan berterima kasih kepada umat Buddha lantaran memberlakukan prokes dalam peringatan Tri Suci Waisak. Diharapkan momen ini memperkokoh komitmen menghormati makna hidup dan kehidupan, menjalankan praktik-praktik kebenaran demi keharmonisan, serta mengajarkan Dharma sebagai pedoman dalam menunaikan tugas dan kewajiban.

Dengan menjalankan Dharma, menurut Jokowi, umat Buddha memperoleh kesempatan menata keseimbangan batin, memuliakan keagungan Tuhan Yang Mahawelas Asih, serta memuliakan harkat dan martabat kemanusiaannya. "Butir-butir keluhuran ajaran Dharma juga sangat relevan dengan situasi pandemi."

Sponsored

"Atas nama pemerintah, keluarga, dan pribadi, saya menyampaikan selamat memperingati Hari Tri Suci Waisak Tahun 2021 atau 2565 Tahun Buddhis kepada umat Buddha di seluruh Tanah Air," ucap mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Dharmasanti Tri Suci Waisak 2565 Tahun Buddhis mengusung tema "Bangkit Bersatu untuk Indonesia Maju". Acara turut dihadiri Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

Berita Lainnya