logo alinea.id logo alinea.id

Jokowi: Tol Paspro harus mempermudah akses logistik

Presiden menginginkan agar kawasan Usaha Kecil dan  Menengah (UKM) di Jawa Timur bisa berkembang lebih cepat setelah beroperasi.

Adi Suprayitno
Adi Suprayitno Rabu, 10 Apr 2019 13:27 WIB
Jokowi: Tol Paspro harus mempermudah akses logistik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) sebagai bagian dari jaringan tol Trans-Jawa. Presiden berharap tol Paspro mampu mempermudah akses logistik untuk kawasan Industri Kecil dan Mikro (IKM).

"Dengan tol Paspro, sekitar kawasan IKM berpotensi cepat berkembang karena akses logistik yang semakin mudah," ujar Jokowi saat memberikan sambutan dalam acara peresmian tol Paspro Jawa Timur, Rabu (10/4)

Presiden menginginkan agar kawasan Usaha Kecil dan  Menengah (UKM) di Jawa Timur bisa berkembang lebih cepat setelah beroperasinya tol. Akses barang dan produk yang memasok produk UMKM bisa lebih mudah, murah, dan efisien

“Kami harapkan dengan tembusnya jalan tol akan terjadi mobilitas barang, orang, dan logistik yang cepat. Kami harapkan kawasan industri kecil mikro akan cepat berkembang,” pintanya.

Mantan Wali Kota Solo itu menegaskan rampungnya jalan tol Paspro memerlukan proses dan tahapan yang tidak sebentar. “Memang proses tidak instan. Memerlukan proses dan tahapan untuk menuju ke sana,” katanya.

Presiden mengungkapkan, dengan tol Paspro semua bisa berbangga dan merasakan jalan tol dari Cawang di Jakarta hingga Probolinggo di Jawa Timur sepanjang 840 km. 

“Kalau kita lihat dari Cawang sampai Probolinggo sekarang sudah tembus 840 km. Kalau dimulai dari ujung barat, dari Merak sampai Probolinggo tembus 962 km,” kata Jokowi.

Ia kemudian menambahkan, target selanjutnya yakni menembuskan jalan tol dari Merak sampai Banyuwangi sepanjang 1.148 km. “Berarti kurang 186 km, Insya Allah tembusnya pada 2021,” katanya. 

Sponsored

Presiden meresmikan jalan tol itu dengan menekan tombol sirene didampingi oleh para pejabat yang hadir termasuk juga Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri PUPR M Basuki, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, dan Menteri BUMN. 

Presiden kemudian berjalan kaki didampingi pejabatnya melalui GT Paspro Timur dan meninjau sesaat jalan tol tersebut. Sekitar 30 menit hadir di acara tersebut, presiden melanjutkan perjalanan untuk agenda berikutnya.

Jalan tol Pasuruan-Probolinggo tercatat sepanjang 31,30 km sebagai bagian dari jalan tol Trans Jawa yang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN). Jalan tol Pasuruan-Probolinggo memiliki tiga gerbang tol (GT), yakni GT Tongas, GT Probolinggo Barat, dan GT Probolinggo Timur.