close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Ilustrasi. Situasi calon penumpang di Stasiun Senen. Foto KAI
icon caption
Ilustrasi. Situasi calon penumpang di Stasiun Senen. Foto KAI
Nasional
Jumat, 24 Maret 2023 12:44

KAI: Tiket kereta masa angkutan lebaran masih tersedia

Telah terjual sebanyak 1.006.393 tiket kereta api jarak jauh untuk perjalanan pada 12 April-3 Mei.
swipe

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat tiket kereta api masa angkutan Lebaran 2023 masih tersedia. Hingga Kamis (23/3), telah terjual sebanyak 1.006.393 tiket kereta api jarak jauh (KAJJ) untuk perjalanan pada 12 April-3 Mei. 

Jumlah itu mencapai 37% dari total keseluruhan tiket yang disediakan di masa angkutan lebaran tahun ini.

"Jumlah tersebut masih akan bertambah karena penjualan masih terus berlangsung," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (24/3).

Diungkapkan Joni, relasi favorit pelanggan sejauh ini didominasi KA dari arah Jakarta-Bandung menuju Jawa Tengah atau Jawa Timur) pada periode sebelum Lebaran. Sedangkan, untuk periode setelah lebaran berlaku sebaliknya, yakni didominasi perjalanan KA dari Jawa Tengah atau Jawa Timur menuju Jakarta-Bandung.

Selain itu, Joni menyebut, terdapat beberapa jadwal keberangkatan tertentu yang paling banyak dipesan, di antaranya keberangkatan pada 20 April 2023 dengan tiket terjual 63%, lalu pada 21 April 2023 sebanyak 61%, dan 26 April 2023 sebanyak 55%. 

"KAI berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik karena tiket KA masa Angkutan Lebaran masih cukup banyak tersedia," ujar Joni.

Lebih lanjut, imbuhnya, masyarakat dapat memilih tanggal keberangkatan alternatif apabila tiket yang diinginkan sudah habis. Hal ini dapat dilakukan melalui fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access yang akan memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta bersifat persambungan.

Di samping itu, Joni mengatakan, pihaknya juga menyediakan layanan vaksin booster gratis untuk membantu pelanggan dalam melengkapi syarat perjalanan.

"KAI menyediakan layanan vaksin booster gratis di stasiun-stasiun serta fasilitas Klinik Mediska (fasilitas kesehatan milik KAI yang berlokasi di lingkungan stasiun) untuk umum dengan prioritas penumpang kereta api," tutur dia.

Adapun layanan vaksin booster gratis tersebut saat ini tersedia di Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Purwokerto, Stasiun Surabaya Pasar Turi, Stasiun Surabaya Gubeng, dan Stasiun Malang. Kemudian, penumpang KAI juga bisa melakukan vaksin booster gratis di Klinik Mediska Bandung, Klinik Mediska Cirebon, Klinik Mediska Yogyakarta, Klinik Mediska Madiun, Klinik Mediska Jember, Klinik Mediska Ketapang, serta Klinik Mediska Probolinggo.

"KAI masih menerapkan persyaratan naik kereta api sesuai SE Menteri Perhubungan 84/2022 dan SE Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/II/3984/2022 sejak 19 Desember 2022," ujar Joni.

Diketahui, sebanyak 123,8 juta orang akan mudik saat momentum libur lebaran tahun ini. Data tersebut terekam dalam survei Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan (Baketrans Kemenhub). Prediksi jumlah pemudik tersebut naik 14,2% dibandingkan prediksi pergerakan orang saat musim mudik Idulfitri 2022, yakni sebesar 85,5 juta orang. 

Puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada H-1 atau 21 April 2023 dengan pergerakan 17,7 juta orang (14,3%). Peningkatan perjalanan arus mudik diprediksi meningkat per H-3 atau 19 April 2023.

Adapun puncak arus balik diperkirakan terjadi H+2 atau 25 April 2023. Pergerakan diproyeksikan masih tinggi hingga H+3 atau 26 April 2023.

Artikel ini ditulis oleh :

img
Gempita Surya
Reporter
img
Ayu mumpuni
Editor
Bagikan :
×
cari
bagikan