sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kapolri lantik Komjen Agus Andrianto sebagai Kabareskrim

Irjen Nana Sudjana dilantik sebagai Kapolda Sulawesi Utara.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Rabu, 24 Feb 2021 15:10 WIB
Kapolri lantik Komjen Agus Andrianto sebagai Kabareskrim
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Pramono memimpin pelantikan Komjen Agus Andrianto selaku Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim). Pelantikan sesuai dengan surat telegram resmi nomor STR/318/II/KEP./2021 tertanggal 18 Februari 2021.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya selalu pejabat kepolisian negara akan setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila, UUD 1945 dan NKRI. Bahwa saya akan menaati segala peraturan perundangan dan melaksanakan tugas kedinasan yang dipercayakan kepada saya," kata Agus mengikuti sumpah jabatan yang dipimpin Sigit, Rabu (24/2).

Dalam pelantikan tersebut, Sigit berpesan kepada Agus selaku Kabareskrim untuk mengawal penuh penegakan hukum berkeadilan. Terlebih, penekanan restoratif juctice dalam perkara yang ditangani Bareskrim beserta jajaran.

Di sisi lain, penegakan hukum harus tetap dipastikan dilakukan dengan tegas dan kuat. "Karena di masyarakat itu masih dirasakan hukum yang tajam ke bawah dan tumpul ke atas," tutur Sigit.

Pelantikan juga dilakukan terhadap Komjen Arief Sulistyanto sebagai Kepala Badan Pemeliharaan dan Keamanan (Kabaharkam) menggantikan Agus, Kalemdiklat Polri Komjen Rycko Amelza, dan Kepala Badan Intelijen (Kaba Intelkam) Polri Irjen Paulus Waterpaw. 

Selanjutnya melantik Koordinator Staf Ahli Kapolri (Korsahli) Irjen Martuani Sormin dan Wakabareskrim Brigjen Syahardiantono.

Kemudian, pelantikan dilakukan kepada sejumlah Kapolda, yakni Kapolda Papua Irjen Mathius D. Fakhiri, Kapolda Sumatra Utara Irjen Panca Putra, Kapolda Sulawesi Utara Irjen Nana Sudjana, dan Kapolda Lampung Irjen Wahyu Hadiningrat. 

Lalu, jabatan Wakil Kepala Daerah Papua Kombes Eko Rudi Sudarto, Wakil Kepala Daerah Kalimantan Tengah Brigjen Ida Oetari Poernamasari, Wakil Kepala Daerah Bali Brigjen I Ketut Suardana.

Sponsored
Berita Lainnya