sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kejaksaan Agung belum siap lelang jabatan

Kejaksaan masih melakukan persiapan dan kajian terhadap mekanisme sistem lelang yang akan diterapkan.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Senin, 09 Des 2019 14:06 WIB
Kejaksaan Agung belum siap lelang jabatan

Kejaksaan Agung mengundur pelaksanaan lelang jabatan yang rencananya diterapkan untuk jabatan kepala kejaksaan tinggi atau kajati, dan kepala kejaksaan negeri alias kajari. Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin mengatakan, pihaknya urung melaksanakan lelang awal tahun ini, sebagaimana yang sebelumnya direncanakan.

Menurut Burhanuddin, pihaknya masih melakukan persiapan dan kajian terhadap mekanisme sistem lelang yang akan diterapkan. Oleh karenanya, dia mempertimbangkan untuk melaksanakan rencana tersebut tahun depan.

“Iya itu akan dilakukan tahun 2020 nanti, bukan dekat-dekat ini. Semuanya masih disiapkan. Sistemnya seperti apa, itu masih dalam perencanaan,” kata Burhanuddin di Badan Diklat Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Senin (9/12).

Burhanuddin menyebutkan, ada tujuh jabatan kajati yang akan dilelang. Seluruhnya adalah kajati yang berada dalam golongan satu atau tipe A.

Kajati DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Palembang, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan.

Menurut Burhanuddin, sistem lelang tersebut rencananya dilakukan agar kejaksaan memiliki para pemimpin dengan kualitas dan integritas terbaik. Karena itu, hanya jaksa yang memiliki kemampuan sesuai kualifikasi yang dapat mengisi jabatan yang dilelang.

“Kita mencari yang terbaik agar tidak karena like and dislike aja yang duduk di situ, tapi memiliki kualitas,” ucapnya.

Burhanuddin mengungkapkan rencana lelang jabatan pertama kali pada rapat kerja teknis atau rakernis yang berlangsung pada 2 hingga 6 Desember 2019 lalu.

Sponsored

Menurutnya, posisi Kajati DKI Jakarta akan menjadi jabatan pertama yang dilelang. Saat itu Burhanuddin menyebut proses lelang akan dimulai pada 16 Desember 2019. Lelang jabatan ini dapat diikuti oleh seluruh jaksa.

Berita Lainnya
×
tekid