sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kemendikbud buka pendaftaran Program KIP Kuliah hari ini

Beasiswa yang disiapkan pemerintah mencapai 400 ribu.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Senin, 02 Mar 2020 11:32 WIB
Kemendikbud buka pendaftaran Program KIP Kuliah hari ini
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 410.088
Dirawat 58.418
Meninggal 13.869
Sembuh 337.801

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka pendaftaran Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah per hari ini (Senin, 2/3). Berakhir pada akhir Maret 2020, pukul 23.59 WIB.

"Kami menyiapkan sebanyak 400 ribu beasiswa," ucap Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbud, Paristiyanti Nurwardani, di Jakarta, beberapa saat lalu. Pendaftaran dilakukan via kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

KIP Kuliah diperuntukkan bagi para calon mahasiswa kurang mampu. Bakal penerima manfaat mesti menunjukkan identitas kepemilikan KIP atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Juga mempunyai identitas lain setara KKS.

Terdapat beberapa syarat penerima KIP Kuliah. Seperti siswa sekolah menengah atas (SMA) atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau dua tahun sebelumnya. Lalu, potensi akademik baik.

Mereka pun harus lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru. Khususnya pada program studi (prodi) berakreditasi A atau B. Dimungkinkan akreditasi C dengan pertimbangan tertentu. Baik perguruan tinggi negeri (PTN) maupun swasta (PTS). 

Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemendikbud, Abdul Kahar, menambahkan, penerima Program KIP tingkat SMA/sederajat mencapai 3,7 juta siswa. Sebanyak 1,1 juta di antaranya, peserta Program Indonesia Pintar.

"Dari 1,1 juta, walaupun mungkin tidak semua mereka akan kuliah, tetapi paling tidak, ini sudah menjadi sasaran utama. Ditambah lagi waktu dia SMA, tidak sempat memperoleh Program Indonesia Pintar," tuturnya.

"Kalau orang tuanya pemegang Program KKS, pakai saja. Ini adalah alternatif yang lain. Karena sebenarnya sama," kata dia.

Sponsored

Setelah mendaftar KIP Kuliah, siswa yang mengikuti Seleksi Nasional Masuk perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) diminta mengisi data nomor pendaftaran KIP Kuliah di portal Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Via situs web portal.ltmpt.ac.id.

Jadwal KIP Kuliah. Tangkapan layar situs web Kemendikbud

Pengisian data nomor pendaftaran KIP Kuliah di portal LTMPT dengan cara: Masuk (login) ke laman LTMPT menggunakan akun yang telah dimiliki, pilih menu "Pengisian Data Nomor Pendaftaran KIP Kuliah", dan isi nomor pendaftaran KIP Kuliah.

Siswa yang telah mendaftar SNMPTN sampai memilih prodi, mesti melakukan finalisasi. Juga cetak kartu tanda peserta. Selama masa periode pendaftaran KIP Kuliah. (Ant)

Berita Lainnya