logo alinea.id logo alinea.id

Kemenhub imbau pemudik tidak berlama-lama di rest area

Pemudik diimbau memanfaatkan rest area selama 30 menit.

Eka Setiyaningsih
Eka Setiyaningsih Minggu, 09 Jun 2019 17:11 WIB
Kemenhub imbau pemudik tidak berlama-lama di rest area

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengimbau para pemudik agar tidak berlama-lama berada di rest area. Hal ini untuk mengantisipasi kepadatan dan antrean yang masuk ke rest area.

Kepala Balitbang Kemenhub Sugihardjo mengatakan, sejak malam Minggu hingga hari ini merupakan puncak arus balik sehingga banyak pemudik membutuhkan rest area.

"Kami juga mengimbau pemudik jarak jauh untuk membawa pengganti sopir agar bisa bergantian. Idealnya menyopir 4 jam lalu istirahat," ujar Sugihardjo di Posko Mudik Kemenhub, Minggu (9/6).

Menurut dia, idealnya pemudik berada di rest area selama setengah jam atau 30 menit. Waktu tersebut cukup untuk beristirahat, makan, ke toilet dan ibadah.

Sugihardjo mengharap, para pemudik memiliki kesadaran untuk berbagi waktu istirahat di rest area demi kepentingan dan kenyaman bersama.

"Kalau lama-lama kasihan yang lain kapasitas enggak cukup, kalau meluber ke jalan nanti buat macet. Kalau enggak istirahat, nanti mengakibatkan kecelakaan," katanya. 

Selain itu, dia juga mengimbau kepada para pemudik untuk tertib dan mematuhi peraturan lalu lintas. Rekayasa lalu lintas yang dilakukan oleh petugas merupakan salah satu cara untuk mengurai kemacetan.

"Kami memaklumi kondisi para pemudik yang lelah, namun kami mengingatkan jika tidak tertib akan merugikan semua pihak," imbuhnya.

Sponsored
Cara buzzer bekerja dan alarm bahaya di baliknya

Cara buzzer bekerja dan alarm bahaya di baliknya

Selasa, 15 Okt 2019 20:42 WIB
Riwayat Stasiun Gambir, dahulu jadi tumpuan

Riwayat Stasiun Gambir, dahulu jadi tumpuan

Senin, 14 Okt 2019 21:28 WIB
Denny Siregar: Saya bekerja tanpa komando

Denny Siregar: Saya bekerja tanpa komando

Sabtu, 12 Okt 2019 07:57 WIB