logo alinea.id logo alinea.id

Terganjal tradisi pejabat, Menteri Susi tak pulang kampung

Biasanya, Menteri Susi mudik ke kampungnya di Pangandaran, Jawa Barat.

Soraya Novika
Soraya Novika Jumat, 07 Jun 2019 08:29 WIB
Terganjal tradisi pejabat, Menteri Susi tak pulang kampung

Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti tak bisa pulang kampung ke Pangandaran, Jawa Barat, pada Lebaran kali ini. Susi mengatakan, ia tak bisa mudik lantaran harus menjalankan tradisi sebagai seorang pejabat negara. 

"Ya, karena memang ada tradisi pejabat negara itu yang sekali waktu harus open house di Ibu Kota. Biasanya saya tidak pernah Lebaran di Jakarta. Pasti selalu pulang ke kampung, kumpul sama keluarga," ujar Susi di rumah dinasnya di Jalan Widya Chandra V, Jakarta Selatan, Kamis (6/6).

Selain bersama-sama keluarga, Susi mengatakan, ia juga biasanya mengundang masyarakat pangandaran ke kediamannya di Pangandaran. "Kita kumpulkan ke rumah, makan ramai-ramai, menyenangkan masyarakat," ujar dia. 

Hal lain yang tampak sedikit berbeda dari kebiasaan Menteri Susi pada Lebaran kali ini ialah kurangnya menu ikan sebagai sajian menjamu tamu. Menurut Susi, ia sengaja mengurangi menu ikan agar para tamu tidak bosan.

"Sebenarnya, tadi siang ada menu ikan. Cuma kan supaya tamu tidak bosan saja, jadi diseling-selingi menu lainnya. Tapi, tetap ada menu seafood kok, ada ikan cobia, salad udang, sambel teri, dan lain-lain," ucapnya.

Pada open house malam itu, Menteri Susi mengenakan midi dress dominan hitam dihiasi garis-garis kotak besar berwarna emas dipadu corak bunga berwarna terang. Susi mengaku, tidak ada yang spesial dari gaun yang ia kenakan. "Tidak ada temanya. Baju murah saja. Belinya pun secara online," ujarnya.

Menurut Susi, apapun makanan yang disajikan dan pakaian yang dikenakan, yang terpenting dalam Lebaran ialah kebersamaan bersama keluarga. Itulah sebabya, lanjut dia, jutaan orang dari Jakarta rela terjebak kemacetan berjam-jam di jalan demi pulang kampung. 

"Tradisi inilah yang saya rasa perlu kita jaga terus dan saya berharap setelah ini kita bisa lebih baik lagi, lebih sehat jiwa dan raga hingga merekatkan seluruh bangsa untuk bersatu membangun Indonesia," ujarnya. 

Sponsored