sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

KPK tangkap 16 orang dalam OTT Bupati Banggai Laut

Operasi klandestin berlangsung karena terjadi pemberian sejumlah uang dari kontraktor pelaksana proyek kepada penyelenggara negara.

Akbar Ridwan
Akbar Ridwan Jumat, 04 Des 2020 09:50 WIB
KPK tangkap 16 orang dalam OTT Bupati Banggai Laut

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan 16 orang, termasuk Bupati Banggai Laut, Sulawesi Tengah (Sulteng), Wenny Bukamo, dalam operasi tangkap tangan (OTT), Kamis (3/12). Wenny diterka menerima uang dari pihak swasta terkait proyek.

"Dugaan korupsi dalam kasus ini terkait dengan pemberian sejumlah uang dari pihak swasta/kontraktor pelaksana pekerjaan kepada penyelenggara negara dalam hal ini diduga diterima oleh Bupati Banggai Laut," kata Pelaksana Tugas (Plt) Juru bicara Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri, Jumat (4/12).

Selain Wenny, ada pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai Laut dan pihak swasta yang ditangkap. Namun, Ali belum membeberkan lebih detail siapa saja yang diamankan.

"Kamis (3/12), sekitar jam 13.00 WIB, KPK melakukan tangkap tangan terhadap beberapa pihak yang diduga telah melakukan tindak pidana korupsi di wilayah Kabupaten Banggai Kepulauan dan Kabupaten Luwuk Sulteng," Jelasnya.

Sponsored

Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron, sebelumnya mengatakan, Wenny ditangkap bersama pihak swasta. Namun, dirinya belum memberikan keterangan lebih detail siapa saja yang diciduk dalam giat senyap tersebut.

"Kami hanya bisa menyampaikan, sejauh ini bahwa membenarkan telah terjadi giat penangkapan terhadap penyelenggara negara yang diduga bupati dan juga beberapa pihak. Ada dari penyelenggaraan negara dan pihak swasta," katanya dalam jumpa pers.

Ghufron menyampaikan, belum bisa memberikan informasi lebih perinci karena pemeriksaan masih berlangsung. "Nanti pasti kami akan update. Kan, teman-teman masih melakukan pemeriksaan di lokasi, di sana," ucapnya.

Berita Lainnya