sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kursi Kapolres Metro Jaksel akhirnya terisi

Kombes Ade Ary Syam Indradi ditunjuk sebagai Kapolres Jaksel.

Immanuel Christian
Immanuel Christian Senin, 26 Sep 2022 12:18 WIB
Kursi Kapolres Metro Jaksel akhirnya terisi

Kepolisian merotasi Kombes Ade Ary Syam Indradi sebagai Kapolres Metro Jakarta Selatan. Penetapan itu sehubungan dengan pencopotan Kombes Budhi Herdi Susianto atas keterkaitan dengan kasus pembunuhan terhadap Brigadir Yosua atau Brigadir J.

Keputusan itu tertera dalam Surat Telegram Kapolri nomor ST/2046/IX/KEP./2022. Surat telegram itu tertanggal 24 September 2022 yang ditandatangani AS SDM Polri Irjen Wahyu Widada.

Selain jabatan Kapolres Metro Jakarta Selatan, Sigit juga menunjuk Brigjen Agus Suharnoko untuk menjadi Wakapolda Kepulauan Riau. Dalam Surat Telegram yang sama, Kapolri juga menempatkan Brigjen Mujiyono sebagai Wakapolda Kalimantan Timur. Mujiyono bakal menggantikan Brigjen Hariyanto dan yang telah memasuki masa pensiun.

Tak hanya itu, Sigit juga mengangkat Brigjen Syamsul Bahri menjadi Wakapolda Aceh untuk mengisi posisi Brigjen Agus Kurniady yang kini sudah pensiun.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menunjuk Ditpamobvit Polda Metro Jaya Kombes Yandri Irsan untuk memegang jabatan sebagai pelaksana tugas (Plt) Kapolres Metro Jakarta Selatan. 

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan, penunjukan Yandri sebagai Plt Kapolres Metro Jakarta Selatan berdasarkan surat perintah dengan Nomor 158/VII/Kep/2022 tertanggal 21 Juli 2022. Penunjukkan itu karena Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Budhi Herdi Susianto dinonaktifkan sementara selama proses penyelidikan kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat.

"Kapolda menunjuk Kombes Pol Yandri Irsan yang saat ini di Dirpamobvit ditunjuk sebagai plt Kapolres Jaksel," kata Zulpan kepada wartawan, Kamis (21/7).

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menonaktifkan Kapolres Jakarta Selatan Kombes Budhi Herdi Susianto bersamaan dengan pencopotan jabatan Kepala Biro Pengaman Internal (Karo Paminal) Divpropram Polri Brigjen Hendro Kurniawan.

Sponsored

"Pada malam hari ini kita menonaktifkan dua orang. Pertama, Karo Paminal, kedua Kapolres Jakarta Selatan,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (20/7). 

Sebelum mereka berdua, pencopotan sementara dari jabatan menimpa Irjen Ferdy Sambo sebagai Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri. Pemberhentian sementara dilakukan mulai Senin (18/7).

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, jabatan yang ditinggalkan Sambo untuk sementara diserahkan kepada Wakapolri Komjen Gatot Eddy. Pemberhentian ini juga setelah Polri mencermati perkembangan dan spekulasi terhadap proses penyidikan. 

"Kita putuskan untuk Irjen Pol Ferdy Sambo sementara jabatannya dinonaktifkan dan kemudian jabatan tersebut saya serahkan kepada Wakapolri," kata Sigit di Mabes Polri, Senin (18/7).

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid