sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Lapas Gunung Sindur pastikan Penculik 12 anak bukan napiter

Status pelaku sebagai napiter diketahui setelah memberikan pengakuan terkait hal tersebut.

Immanuel Christian
Immanuel Christian Jumat, 13 Mei 2022 16:22 WIB
Lapas Gunung Sindur pastikan Penculik 12 anak bukan napiter

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Khusus Kelas II A Gunung Sindur memastikan, tersangka penculikan anak, Abi Rizal Afif, bukan mantan napiter. Abi diketahui menculik 12 anak dan langsung ditindak secara hukum oleh Kepolisian Resor Bogor.

Kepala Lapas Khusus Gunung Sindur Mujiarto mengatakan, nama Abi tidak ada dalam catatan miliknya sebagai napiter. Kendati demikian, status Abi sebagai napiter diketahui setelah Abi memberikan pengakuan terkait hal tersebut.

“Berdasarkan data yang kami miliki, atas nama tersebut tidak pernah tercatat menjalani pidana di Lapas Khusus Kelas II A Gunung Sindur,” kata Mujiarto dalam keterangan, Jumat (13/5).

Pihaknya telah menjalani koordinasi dengan Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Bogor terkait keterangan tersebut. Bahkan, nama tersebut tidak ada dalam daftar mantan Warga Binaan Pemasyarakatan di Lapas Khusus Kelas IIA Gunung Sindur. 

Sebelumnya, Penculik 12 anak di kawasan Bogor hingga Jakarta dan Tangerang bernama Abi Rizal Afif (28). Abi yang telah ditetapkan polisi sebagai tersangka merupakan mantan narapidana kasus terorisme.

Polisi menyebut Abi baru ke luar dari Lapas Khusus Kelas IIA Gunungsindur, Kabupaten Bogor pada Februari 2022.

Kapolres Bogor AKBP Imam Imanuddin mengatakan, Abi juga mengakui pernah ikut pelatihan perang di Poso dan terlibat kasus penipuan di Depok, Jawa Barat. Abi ikut latihan perang di Poso selama tujuh bulan.

Berdasarkan pengakuan tersangka, Abi sudah 3 kali menjalani hukuman pidana. Dua kali di antaranya menjalani pidana kasus terorisme.

Sponsored

Kasat Reskrim Polres Bogor AKP Siswo Tarigan mengatakan tersangka Abi Rizal Afif menghirup udara bebas dari kasus terorisme pada Februari 2022.

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Budhi Herdi Susianto mengatakan, ada dugaan motif Abi menculik belasan anak untuk melampiaskan nafsunya. Polisi menduga tersangka memiliki perilaku seks menyimpang.

Dari keterangan korban, kata Budhi tersangka sempat melakukan kekerasan seksual terhadap korban. Ada korban yang sempat dipaksa melakukan sesuatu di luar batas normal.

Abi Rizal Afif ditangkap hari ini di kawasan Senayan, Jakarta. Dia di tangkap di salah satu tempat ibadah pada sore hari.

Abi diburu setelah polisi mendapat laporan penculikan dua anak yakni F di wilayah Bogor dan K di Tanah Kusir, Jakarta Selatan, pekan lalu. 

Polisi juga berhasil menyelamatkan 10 korban lain yang jadi korban penculikan Abi.

Berita Lainnya