sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Eks Kanwil Kemenag Jatim akui siapkan pesangon untuk Lukman Hakim

Telah menjadi tradisi bila menteri datang ke Jawa Timur harus 'disangoni'.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Rabu, 27 Nov 2019 14:56 WIB
Eks Kanwil Kemenag Jatim akui siapkan pesangon untuk Lukman Hakim

Bekas Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Timur, Roziqi secara lugas menyebut eks Ketua Umum PPP Romahurmuziy memberikan bantuan kepada terpidana kasus suap pengisian jabatan di Kemenag, Haris Hassanuddin.

Hal itu diungkapkan Roziqi saat bersaksi untuk terdakwa Rommahurmuziy dalam sidang lanjutan suap pengisian jabatan Kemenag Provinsi Jawa Timur, di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (27/11).

Mulanya, jaksa penuntut umum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Wawan, mengonfirmasi keterangan Roziqi seperti dalam berkas acara pemeriksaan (BAP). Keterangan itu berisi percakapan Roziqi dengan Haris Hasanuddin, 17 Februari 2019.

Dalam percakapan itu Haris menerangkan sudah mendapat restu dari pria yang akrab disapa Rommy untuk bertemu dengan Sekjen Kemenag, Nur Kholis, untuk membicarakan proses pencalonan menjadi Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur.

"Saudara saksi (Roziqi) menjelaskan bahwa Haris berencana menghadap Sekjen. Dan saya bertanya kepada Haris, apakah saudara Haris diperintahkan untuk menghadap Sekjen atau memang inisiatif sendiri? Haris jawab, mau menghadap dan sudah bilang ke Pak Rommy dengan jawaban 'Ya sudah bagus, hadap sekjen aja," kata Wawan, saat membacakan BAP Rommy.

Menanggapi keterangan itu, Roziqi menyimpulkan bahwa Rommy telah memberikan jalan lebar untuk Haris agar dapat bertemu Sekjen Kemenag, Nur Kholis. Padahal, saat itu proses penjaringan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timutlr masih berlangsung. "Kan dia cerita ya. Ya mungkin itu silakan lanjut, gitu," ucap Roziqi.

Atas dasar itu, Wawan menanyakan makna pernyataan Rommy tersebut, sama dengan memberikan 'lampu hijau' kepada Haris Hasanuddin untuk menjabat sebagai Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur.

"Mungkin juga," tandas Roziqi. 

Berita Lainnya