sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Panglima TNI dan Kapolri sidak fasilitas publik cek kesiapan new normal

Protokol kesehatan belum diterapkan dengan baik di Pasar Tanah Abang.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Minggu, 14 Jun 2020 15:07 WIB
Panglima TNI dan Kapolri sidak fasilitas publik cek kesiapan <i>new normal</i>
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.322.866
Dirawat 158.408
Meninggal 35.786
Sembuh 1.128.672

Kapolri, Jenderal Idham Azis, bersama Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, meninjau Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat dan Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Inspeksi mendadak (sidak) dilaksanakan Kamis (11/6), sekitar pukul 16.30 WIB.

Berdasarkan hasil pemantauan, belum sepenuhnya protokol kesehatan diterapkan di Pasar Tanah Abang. Aktivitas setempat seperti biasa, tanpa antisipasi pencegah coronavirus baru (Covid-19).

"Masih ditemukan, baik konsumen maupun penjual, yang tidak pakai masker dan tidak jaga jarak," kata Kadiv Humas Polri, Irjen Argo Yuwono, dalam keterangannya.

Karenanya, jajaran TNI dan Polri akan lebih ekstra dalam mengedukasi masyarakat. Memasang spanduk tentang bahaya SARS-CoV-2, salah satunya.

"Kondisi ini perlu dikelola terus dengan imbauan humanis dan pembagian masker oleh aparat TNI-Polri. Slogan dan spanduk, termasuk pemberitahuan area wajib masker dan physical distancing, layak untuk dipasang di gang, area pertokoan, dan jalur perlintasan orang," tuturnya.

Usai meninjau Pasar Tanah Abang, Idham dan Hadi melanjutkan sidak ke Bandara Soekarno-Hatta. Kondisi kontras terjadi, para petugas lebih siap menghadapi kenormalan baru (new normal).

Para petugas di lapangan selalu menerapkan protokol kesehatan. Juga menjaga kesehatan saat bertugas.

"Di bandara Terminal 1 dan 2 yang disidak oleh Panglima TNI dan Kapolri, menunjukkan kesiapan aparat Gugus Tugas Covid 19 TNI-Polri," ungkap Argo.

Sponsored

"Panglima dan Kapolri tetap memberikan arahan dan penekanan untuk selalu mematuhi Protokol Kesehatan dan Maklumat Kapolri," tutup dia.

Berita Lainnya