sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pansus Banjir rekomendasikan 5 hal ini ke Pemprov DKI

Pansus Banjir mendapatkan lima masukan dari Tri Rismaharini untuk menangani banjir di ibu kota.

Ardiansyah Fadli
Ardiansyah Fadli Jumat, 23 Okt 2020 13:26 WIB
Pansus Banjir rekomendasikan 5 hal ini ke Pemprov DKI
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.024.298
Dirawat 149.388
Meninggal 28.855
Sembuh 831.330

Panitia Khusus (Pansus) Banjir DPRD DKI Jakarta melakukan kunjungan ke Kota Surabaya dan bertemu langsung dengan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Surabaya dipilih karena 10 tahun lalu kota pahlawan itu, mengalami banjir yang sangat parah. Sebanyak 52% daerahnya terendam banjir. 

"Secara geografis, Surabaya memiliki kemiripan dengan ibu kota. Karena posisinya yang sama berada di tepi laut. Datarannya juga rendah, persis seperti Jakarta," kata Ketua Pansus Banjir DPRD Zita Anjani di Jakarta, Jumat (23/10). 

Dalam kunjungan itu, Pansus Banjir mendapatkan lima masukan dari Tri Rismaharini untuk menangani banjir di ibu kota. Pertama memerhatikan proyek pengerjaan pembangunan jalan atau pedestrian. Ketika membuat jalan, pastikan saluran di bawah jalan agar sistem drainase berjalan baik. 

"DKI belum sinkron untuk itu, masih mengutamakan membangun jalan, saluranya tidak diperhatikan," terang dia. 

Kedua, memerhatikan kapasitas daerah aliran sungai (catchment), harus menyesuaikan dengan saluran yang menampung. Agar airnya bisa disimpan dan kemudian dialirkan secara alami.

"Air adalah anugerah dari Tuhan. Baik itu datangnya dari laut, lokal, ataupun kiriman. Pasti sulit. Makanya jangan hanya berdalih, kerja keras lebih baik," terang dia. 

Keempat, harus ada kolaborasi antar-Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait penanganan banjir dan kesadaran warga. 

"Ketika musim hujan, seluruh dinas harus dikerahkan. Tidak hanya satu atau dua dinas saja. Begitu juga dengan warga, kampanye bahaya banjir dan sebabnya sudah dilakukan lebih awal," jelasnya.

Sponsored

Sehingga, timbul kesadaran masyarakat untuk ikut serta dalam menjaga kelestarian. 

"Kelima, sebelum air masuk kota, debitnya harus dikurangi terlebih dahulu. Pastikan aliran sungai memadai. Kita harus tahu memecah sungai dan memberi jalan untuk air. Sehingga debit air tidak melebihi," tuturnya. 

Politikus PAN ini menuturkan, Pansus Banjir DPRD akan memberikan lima rekomendasi dari Wali Kota Surabaya itu kepada Pemprov DKI Jakarta. 

"Mau digunakan atau tidak, yang jelas kami sudah bekerja dengan serius agar DKI bebas banjir," terangnya. 

Berita Lainnya