close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Petugas Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Banyumas, melayani proses donor darah keliling sesuai protokol kesehatan penanganan COVID-19, di Kantor RRI Purwokerto, Banyumas, Jateng, Jumat (3/4/2020). Foto Antara/Idhad Zakaria

Pasien sembuh Covid-19 diminta sumbangkan plasma darah ke PMI

Hal tersebut guna memastikan ketersediaan stok darah tetap aman.
swipe

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta pasien sembuh Covid-19 dapat memberikan plasma darah atau donor darah, melalui Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta. Hal tersebut guna memastikan ketersediaan stok darah tetap aman.

"Kami meminta dan mengajak kepada seluruh warga yang sudah sembuh dari Covid-19 untuk bersama-sama memberikan plasma darah konvalesennya melalui PMI DKI, untuk membantu pasien yang masih berada di rumah sakit dan Wisma Atlet," kata Riza kepada wartawan di Jakarta, Senin (15/6).

Riza menuturkan dalam melakukan aktivitasnya terutama mengambil darah dari para pendonor, PMI harus dilengkapi dengan peralatan medis yang mumpuni, termasuk dengan prosedur dan mekanisme yang lengkap. 

"Selama ini PMI DKI bekerja secara profesional dan sudah mendapatkan sertifikat CPOB," kata dia. 

Dengan demikian, pasien atau pendonor tidak perlu takut dan khawatir dalam melakukan donor darah di PMI DKI Jakarta. Hal itu karena pengambilan darah tidak dilakukan secara asal dan tanpa prosedur. 

Riza menyebut, jumlah pendonor di PMI Jakarta semakin berkurang selama penerapan PSBB di Jakarta. Dari rata-rata 1000 orang pendonor perhari kini hanya sekitar 200 saja pendonor perharinya. 

"Kami semua memahami  karena di masa Covid-19 ini orang tidak boleh ke luar. Sejak 10 April, kami minta berada di rumah," kata Riza kepada wartawan.

Pasien sembuh Covid-19 diminta sumbangkan plasma darah ke PMI
Senin, 15 Juni 2020 08:57
Artikel ditulis oleh
img
Ardiansyah Fadli
Reporter
img
Hermansah
Editor
Bagikan :
×
cari
bagikan