sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Pelaku bom bunuh diri di Medan Youtuber berusia 24 tahun 

Pelaku diduga merupakan seorang lone-wolf terrorist.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Rabu, 13 Nov 2019 14:14 WIB
Pelaku bom bunuh diri di Medan Youtuber berusia 24 tahun 

Aparat kepolisian telah mengungkap identitas pelaku bom bunuh diri di Polrestabes Medan, Sumatera Utara, atas nama Rabbial Muslim Nasution. Pelaku diketahui baru berusia 24 tahun. 

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, pelaku merupakan warga asli Medan. Pelaku diketahui beralamat di Jalan Jangka Nomor 89 B, Sei Putih Barat, Medan Petisah.

"Dari hasil sidik jari yang ditemukan di TKP, penyidik Inafis berhasil mengidentifikasi pelaku atas nama RMN,” ujar Dedi di Humas Polri, Jakarta, Rabu (13/11).

Menurutnya, Rabbial merupakan seorang lone-wolf terrorist, anggota teroris yang tak terikat dengan organisasi dan menjalankan aksinya seorang diri. Meski demikian, Detasemen Khusus 88 Antiteror akan menelusuri jaringan terorisme yang terkait dengan pelaku. 

“Pelaku ini melakukan aksi terorisme lone-wolf,” ucap Dedi. 

Dari hasil pemeriksaan lokasi kejadian, polisi menemukan sejumlah barang bukti. Di antaranya adalah baterai, besi metal, paku berbagai ukuran, irisan kabel, potongan kabel besar, tombol on-off, dan potongan tubuh.

Setelah ditelusuri, pelaku memiliki sebuah channel Youtube atas nama dirinya. Meski baru mengunggah dua video, dia telah memiliki 480 subscriber. Video terakhir diunggahnya pada satu bulan lalu.

Dari rekam jejak aktivitas Youtube-nya, Rabbial kerap menyukai video berisi konten humor. Namun dalam satu bulan terakhir, konten video yang disukainya berisi materi ceramah keagamaan. 

Sponsored