sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Pemprov DKI optimistis Jakarta bebas banjir

Target ini diyakini dapat terealisasi jika pembangunan 1,8 juta sumur resapan sudah terwujud.

Gema Trisna Yudha
Gema Trisna Yudha Selasa, 10 Des 2019 21:27 WIB
Pemprov DKI optimistis Jakarta bebas banjir

Pemprov DKI Jakarta optimistis dapat membebaskan wilayah Ibu Kota dari banjir dan genangan air. Target ini diyakini dapat terealisasi jika pembangunan 1,8 juta sumur resapan sudah terwujud.

"Jika target jumlah sumur resapan itu terbangun, kajian kami, Jakarta bakal bebas banjir," kata Plt Dinas Perindustrian dan Ekonomi atau PE DKI Ricki Marajohan Mulia di Balai Kota Jakarta, Selasa (10/12).

Dia menjelaskan, pembangunan sumur dilakukan Dinas PE dan satuan kerja perangkat daerah atau SKPD lain, seperti Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Sumber Daya Air, dan lainnya.

Sejauh ini Dinas PE telah membangun 804 sumur resapan dari target 1.300 titik. Menurut Ricki, sumur resapan yang dibangun telah menunjukkan dampak positif.

Dia mencontohkan sumur resapan yang dibangun di TK Pertiwi, Jalan Swakarya dan Masjid Baiturahman Kompleks DDN, Pondok Labu, Jakarta Selatan. Biasanya, kata dia, genangan air di titik-titk itu bertahan selama 24 jam hingga dua hari.

"Sekarang genangan air di situ hanya sampai 15 menit hingga dua jam saja," ujarnya.

Kepala Seksi Pemeliharaan Dinas SDA DKI Juniarto Ardiansyah mengatakan hal yang sama. Menurutnya, sumur resapan yang dibangun pihaknya telah terbukti mempercepat surutnya genangan air.

"Dulu genangan bisa bertahan enam jam, sekarang tidak sampai sejam surut di lokasi yang dibangun sumur resapan," ujar Juniarto.

Sponsored

Menurutunya, Dinas Sumber Daya Air telah membangun 990 dari target 1.000 sumur resapan tahun ini. (Ant)

Berita Lainnya