sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pemprov Jatim adakan sembako murah besok

Kegiatan Lumbung Pangan Jatim ini menggantikan operasi pasar yang tidak bisa diterapkan saat pandemi Covid-19.

Adi Suprayitno
Adi Suprayitno Senin, 20 Apr 2020 11:13 WIB
Pemprov Jatim adakan sembako murah besok
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 381.910
Dirawat 63.733
Meninggal 13.077
Sembuh 305.100

Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) berencana mendistribusikan sembako murah untuk masyarakat Kota Surabaya, Selasa (21/4). Kegiatan Lumbung Pangan Jatim, nama kegiatan operasi pasar itu, akan diluncurkan di Jatim International Expo (JIE).

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, berharap, kegiatan tersebut meringankan beban masyarakat akibat pandemi coronavirus (Covid-19). Mengganti operasi pasar yang tidak bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya kerumunan.

"Ini cara kita 'menyapa masyarakat' dengan sediakan sembako murah. Harga semuanya di bawah rata-rata harga pasar. Dulu ada operasi pasar, tapi sekarang marak wabah Covid-19. Kita tidak bisa melaksanakan operasi pasar secara terbuka," ucapnya di Grahadi, Surabaya, Minggu (19/4) malam.

Dalam pelaksanaannya besok, masyarakat tak lagi antre berdiri. Panitia akan menyediakan kursi yang di antaranya berjarak dua meter, pola jaga jarak fisik (physical distancing), dan dibatasi pengunjung yang masuk ke dalam JIE.

"Semua yang beli harus pakai masker. Kalau tidak membawa masker, akan diberi gratis oleh petugas," jelas khofifah.

Pemprov juga menyiapkan sistem pembelian secara daring (online) bagi masyarakat yang kesulitan menjangkau. Apabila jarak rumahnya kurang dari 20 kilometer, bebas ongkos kirim.

Lumbung Pangan Jatim dikelola PT Panca Wira Usaha (PWU). Paket sembako murah terdiri dari beras, gula, telur, ayam, bawang putih, ikan beku, dan beberapa komoditas lain.

"Ini untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat, sehingga tidak perlu panik akan kelangkaan bahan pangan karena ketersediaan sembako di Lupaja (Lumbung Pangan Jatim) cukup banyak," ujar Dirut PT PWU, Erlangga Satriagung.

Sponsored

Beras yang disiapkan terdiri dari jenis premium, medium, dan standar dengan selisih lebih murah Rp500. Harga gula juga selisih Rp6.000-an dengan pasaran atau dijual Rp12.600 per kilogram.

"Untuk gula saja kita batasi pembeliannya per orang itu maksimal 2 kilogram," katanya.

Sementara, harga minyak goreng selisih Rp500-Rp700, telur selisih Rp3.000-Rp3.500, serta ikan beku dan patin selisih Rp8.000-Rp9.000.

Pemesanan via daring bisa dilakukan melalui aplikasi GoShop dan GoSend. Barang akan dikirim pengemudi GoJek. Bahkan, menerapkan sistem prajual (preorder) dan membuat janji pengambilan.

"Begitu datang, barang sudah bisa dibawa langsung dan di-packing rapi. Fasilitas ini seperti drive thru karena masyarakat tidak perlu antre dan turun kendaraan," tutup Erlangga.

Berita Lainnya