sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Peneliti BRIN sanjung eks Dirjen Dukcapil Kemendagri: Banyak melakukan inovasi

Zudan Arif Fakrulloh sempat memimpin Ditjen Dukcapil Kemendagri selama 7 tahun 9 bulan.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Kamis, 16 Mar 2023 17:58 WIB
Peneliti BRIN sanjung eks Dirjen Dukcapil Kemendagri: Banyak melakukan inovasi

Zudan Arif Fakrulloh resmi menjabat Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Rabu (15/3). Ia dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 37/TPA Tahun 2023.

Sebelumnya, selama 7 tahun 9 bulan, Zudan merupakan Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dukcapil Kemendagri). Menurut peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Siti Zuhro, banyak prestasi yang dicapai Zudan saat menjadi eselon I Kemendagri. 

Baginya, prestasi yang ditorehkan Zudan adalah prestise dan warisan dalam melaksanakan tugasnya. Zudan setidaknya mengoleksi 31 penghargaan level nasional dan 5 tingkat internasional. 

"Sepanjang kariernya di Kemendagri, Zudan banyak melakukan inovasi. Dia juga memberi 'warna' dalam proses legislasi di Indonesia dengan menjadi tim penyusun rancangan undang-undang (RUU)," tutur Wiwieq, sapaan Siti Zuhro.

Wiwieq juga menyebut Zudan banyak mengeluarkan kebijakan dan regulasi yang menjadi solusi atas berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat dalam pelayanan publik bidang administrasi kependudukan. "Dan itu diterapkan dalam bentuk model dan strategi pelayanan digital."

Adapun posisi Dirjen Dukcapil, yang ditinggalkan Zudan, kini dijabat Teguh Setyabudi. Ia sebelumnya adalah Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri.

Wiwieq melanjutkan, yang dilakukan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, dalam rotasi pejabat di lingkungan Kemendagri bagus. Apalagi, Zudan sudah memimpin Ditjen Dukcapil sejak lama.

Sementara itu, seperti Wiwieq, Tito Karnavian juga mengapresiasi kinerja dan capaian Zudan. Katanya, Zudan berhasil membawa nama baik Ditjen Dukcapil semakin dikenal publik.

Sponsored

Eks Kapolri ini pun yakin Zudan dapat bekerja baik di BNPP. "Zudan punya pengalaman di bidang itu."

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid