sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pertamina pastikan kilang di Balikpapan tetap beroperasi

Ada empat unit pemadam yang dikerahkan untuk menjinakkan si jago merah. 

Anisatul Umah Immanuel Christian
Anisatul Umah | Immanuel Christian Jumat, 04 Mar 2022 15:42 WIB
Pertamina pastikan kilang di Balikpapan tetap beroperasi

PT Kilang Pertamina Internasional mengungkapkan kronologi kebakaran Kilang Balikpapan. Meski demikian, operasi kilang tetal berjalan saat ini dan dalam kondisi aman. 

Area Manager Communication, Relation dan CSR Kilang Balikpapan, PT Kilang Pertamina Internasional Ely Chandra mengatakan, peristiwa tersebut terjadi pada pukul 10 pagi waktu setempat. Ada empat unit pemadam yang dikerahkan untuk menjinakkan si jago merah. 

"Peristiwa terjadi sekitar pukul 10.32 WITA. Sistem penyiraman dengan pemadam statis langsung beroperasi dan dibantu dengan empat unit truk pemadam terus menyiramkan air," kata Ely dalam keterangan kepada Alinea.id, Jumat (4/3). 

Ely menyampikan, pemadaman memakan waktu hampir setengah jam. Sampai saat ini pihaknya beserta aparat belum mengetahui penyebab munculnya api. 

"Penyebab timbulnya api saat ini belum diketahui dan masih menunggu hasil investigasi," ujar Ely. 

Ely menyampaikan imbauan agar masyarakat tidak panik. Apalagi kejadian tersebut masih di dalam perimeter kilang dan saat ini api telah berhasil dikendalikan. 

Polisi masih melakukan penyilidikan terhadap kebakaran di Kilang PT Pertamina (Persero) area RU V, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (4/3). Api kini sudah dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran.  

"Masih dalam penyelidikan, dan api juga sudah dapat dipadamkan," kata Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Yusuf Sutejo saat dihubungi Alinea.id, Jumat (4/3).  

Sponsored

Yusuf menyebut, masih melakukan pemeriksaan dan menelusuri tempat kejadian perkara (TKP). Pendataan terhadap peralatan dan semua perlengkapan yang terbakar juga terus berlangsung.  

"Sementara masih diinventarisir," ujar Yusuf. 

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid