sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Pesan Anies di perayaan HUT DKI Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak seluruh warga untuk melihat wajah baru ibu kota.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Sabtu, 22 Jun 2019 22:08 WIB
Pesan Anies di perayaan HUT DKI Jakarta

Puncak perayaan HUT DKI Jakarta ke-492 berlangsung di Bundaran Hotel Indonesia (HI). Pada kesempatan tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak seluruh warga untuk melihat wajah baru ibu kota itu dengan cara pandang baru.

Anies menyebut, wajah baru Jakarta bukan sekedar soal pembangunan fisik, tetapi juga ihwal pemikiran manusianya. 

“Yang kita lakukan adalah memastikan Jakarta lestari, Jakarta terus membagikan kebahagiaan bagi generasi kini dan yang akan datang," kata Anies di Jakarta, Sabtu (22/6).

Oleh karena itu, Anies berupaya membuat berbagai regulasi dengan semangat keadilan, kedaulatan, dan persatuan. Mulai dari kebijakan pajak, sampai dengan pembanguna masyarakat, agar penduduk marjinal dapat hidup layak dan baik.

"Mengusahakan kesatuan bukan sekedar merayakan keragaman yang memang sudah menjadi keniscayaan,” kata dia.

Anies juga mengajak masyarakat ibu kota untuk melihat setiap perubahan yang ada dengan memaknai gagasannya. 

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini memaparkan, pembangunan infrastruktur di DKI Jakarta juga berlandaskan gagasan baru. Mass Rapid Transit (MRT), misalnya, terdapat gagasan untuk membuat warga saling berinteraksi. 

Begitupun dengan trotoar lebar di sebagian daerah Jakarta, kata Anies. Di balik itu ada upaya dari Pemprov DKI Jakarta untuk membuat fasilitas publik yang setara bagi semua warga.

Sponsored

"Karena itu ada pesan penting dari wajah baru Jakarta. Di balik itu semua ada gagasan, dan ada tujuan yang hendak dicapai. Bukan sekedar membangun fisiknya, tetapi mengubah cara berfikirnya, paradigmanya, cara bekerjanya, sekaligus juga pola interaksinya," katanya.

Untuk itu, Anies mengajak seluruh warga Jakarta untuk memperlakukan ibu kota sebagai kanvas. Artinya, dia menginginkan partisipasi warga dalam membangun kota untuk lebih baik kedepannya.

"Hari ini adalah hari di mana seluruh warga Jakarta merayakan ulang tahun kotanya. Tempat ini luar biasa penuh, ini terjadi atas partisipasi semua. Insyaallah kota ini menjadi tempat yang maju kotanya, bahagia warganya," tutup Anies.

Gelora dan politik kanibal pemecah PKS

Gelora dan politik kanibal pemecah PKS

Rabu, 20 Nov 2019 19:35 WIB
Sepak terjang militer di pucuk pimpinan PSSI

Sepak terjang militer di pucuk pimpinan PSSI

Selasa, 19 Nov 2019 21:07 WIB