sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Petrus Golose, konco Tito dan Idham berpotensi jadi Kabareskrim

Kapolda Bali itu merupakan gerbong eks Densus 88, kolega Idham dan Tito.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Sabtu, 23 Nov 2019 21:00 WIB
Petrus Golose, konco Tito dan Idham berpotensi jadi Kabareskrim

Indonesian Police Watch (IPW) membeberkan adanya nama selain Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo, yang masuk dalam bursa calon Kabareskrim Polri. Nama pesaing Listyo itu adalah Kapolda Bali Irjen Petrus Reinhard Golose.

"Nama Petrus yang satu angkatan Akpol dengan Idham Azis itu terdengar masuk dalam bursa calon Kabareskrim bersaing ketat dengan Kadiv Propam Irjen Sigit," kata Ketua Presidium IPW Neta S. Pane melalui keterangan resminnya yang diterima Alinea.id, Sabtu (23/11).

Petrus diketahui memiliki kemampuan yang sama dengan Idham Azis dan mantan Kapolri Tito Karnavian di bidang terorisme. Bersama Tito dan Idham, ia pernah duduk di jabatan strategis Densus 88 Antiteror.

Neta mengatakan, sejak 2016 Petrus menjabat sebagai Kapolda Bali. Menurut Neta, bila posisi Kabareskrim dijabat Petrus, maka berdampak pada proses kerjanya.

"Terlalu lamanya seorang perwira menjabat posisi kapolda, dikhawatirkan akan mengganggu proses pembinaan karier di Polri. Ujung-ujungnya mengganggu profesionalisme kepolisian," tutur Neta.

Sementara itu, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol Argo Yuwono menyatakan, keputusan siapa yang menduduki kursi tertinggi bidang reserse itu menjadi hak prerogatif Kapolri.

Selain itu, ia menyatakan, penunjukan Kabareskrim bergantung pada sidang dewan jabatan dan kepangkatan tinggi (wanjakti).

Jabatan Kabareskrim Polri kosong usai Idham Azis terpilih sebagai Kapolri. Kadiv Propam Irjen Listyo Sigit disebut-sebut menjadi calon kuat Kabareskrim Polri.

Sponsored

Belakangan, menurut informasi yang beredar, Listyo mendapat ganjalan lantaran nonislam dan dianggap terlalu muda sebagai Kabareskrim. Ia merupakan alumnus Akpol 1991.